News - Helikopter yang ditumpangi Presiden Iran, Ebrahim Raisi, dilaporkan jatuh pada hari Minggu (19/5/2024) usai Raisi melakukan kunjungan ke wilayah perbatasan dekat Azerbaijan. Dalam peristiwa tersebut, Raisi dan rombongan dinyatakan tewas setelah puing-puing helikopter berhasil ditemukan hari Senin (21/5/2024).

Di tengah ramai perbincangan terkait peristiwa ini, beredar sebuah video di media sosial yang diklaim memperlihatkan detik-detik peristiwa helikopter yang ditumpangi Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh.

Video dengan narasi tersebut ditemukan di platform media sosial Threads oleh akun “@suseno12” dan “@daulatrakyat.official”.Tirto juga menemukan video dengan narasi serupa di Facebook yang diunggah oleh akun “Kabar Dunia”.

“Detik - detik helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi. Di hutan Varazgan. Turut berduka cita. #iran #indonesia 🙏🙏🙏🙏🙏❤️," bunyi keterangan dalam salah satu akun Threads tersebut.

Foto Periksa Fakta Helikopter Presiden Iran Jatuh

Foto Periksa Fakta Helikopter Presiden Iran Jatuh. foto/Foto PEriska fakta tirto

Sepanjang Senin (20/5/2024) hingga Selasa (28/5/2024), atau selama delapan hari tersebar di Facebook, unggahan ini telah memperoleh 30 tanda suka, 16 komentar dan telah dibagikan sebanyak 6 kali.

Perlu diketahui, Tirto juga sebelumnya membahas hoaks terkait kecelakaan yang menimpa Presiden Iran ini.