News - Head to head (H2H) Turki vs Georgia di EURO 2024 menunjukkan keunggulan tim berjuluk The Crescent-Stars. Dalam 5 pertemuan yang sudah dijalani mereka mencatat 3 kemenangan 1 hasil imbang dan 1 kali tumbang. Total, kedua tim memasukkan 17 gol, dengan 12 gol dicetak Turki, dan Georgia 5 gol.

Kendati Turki unggul secara rekor pertemuan, hal itu tidak menjamin hasil laga di EURO 2024 secara langsung. Pasalnya, pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada 2012, dengan komposisi pemain yang sepenuhnya berbeda. Terlebih, Georgia yang pertama kali tampil di putaran final Piala Eropa menunjukkan progres signifikan.

Pertandingan Turki vs Georgia akan berlangsung di Signal Iduna Park, Dortmund, pada Selasa, 18 Juni 2024 pukul 23.00 WIB. Jalannya laga dapat disaksikan melalui live streaming Vision+ dan siaran langsung RCTI.

Head to Head (H2H) Turki vs Georgia Jelang EURO 2024

Meskipun memiliki rekor pertemuan yang bagus melawan Georgia, Turki mengalami penurunan performa jelang EURO 2024. Mereka bahkan gagal memetik kemenangan dalam 5 laga terkini, termasuk 2 uji coba di bulan Juni 2024 melawan Polandia dan Italia.

Di Piala Eropa 2024, Turki bakal tampil dengan kolaborasi pemain muda berbakat dan sejumlah penggawa senior berpengalaman. Pemain muda seperti Arda Guler, yang baru menjuarai LaLiga dan Liga Champion bersama Real Madrid, akan menjadi bagian dari skuad besutan Vincenzo Montella.

Meskipun tak banyak bermain untuk Real Madrid, Arda Guler berpotensi menjadi andalan Turki. Selain itu, ada Kenan Yildiz dan Yunus Akgun yang menjadi pemain penting Timnas Turki, terutama dalam menyerang.

Pemain muda lain yang berpotensi mendapat banyak menit bermain adalah Kenan Yildiz. Ia telah mengemas 39 penampilan bersama Juventus dan mencetak 9 gol di semua kompetisi. Hal itu pun bakal menjadi modal sekaligus tantangan bagi pemain 19 tahun tersebut.

Sementara itu, di kubu Georgia, Khvicha Kvaratskhelia bakal menjadi pemain kunci. Meskipun performanya sedang menurun musim ini, dia tetap menjadi pemain paling menonjol di Timnas Georgia. Di babak kualifikasi EURO 2024, Kvaratskhelia bermain sebanyak 9 kali dan mencetak 4 gol.

Selain Kvaratskhelia, penggawa yang berpeluang menjadi pilar skuad adalah Giorgi Mamardashvili. Meskipun berposisi sebagai penjaga gawang, dia memiliki pengalaman dalam bermain di level teratas bersama Valencia.

Georgia mencatat 3 kemenangan 3 hasil seri dan 4 kali tumbang di babak kualifikasi. Mencetak 14 gol dan kebobolan 18 kali, mereka finis di peringkat 4 klasemen akhir Grup A. Meski begitu, mereka berhasil lolos ke EURO 2024 via jalur play off UEFA Nations League.

Perkiraan Susunan Pemain Turki vs Georgia

Turki bakal mengandalkan Hakan Calhanoglu, Merih Demiral, Kenan Yildiz, dan lainnya. Sementara itu, Georgia bakal mengandalkan Giorgi Mamardashvili, dan Kvicha Kvaratskhelia. Berikut adalah formasi dan perkiraan susunan pemain Turki dan Georgia di EURO 2024.

Turki (4-2-3-1): Mert Günok; Kaan Ayhan, Merih Demiral, Abdülkerim Bardakçı, Ferdi Kadıoğlu; Salih Özcan, Hakan Çalhanoğlu; İrfan Can Kahveci, Kenan Yıldız, Kerem Aktürkoğlu; Barış Alper Yılmaz. Pelatih: Vincenzo Montella.

Georgia (3-5-2): Giorgi Mamardashvili; Solomon Kvirkvelia, Guram Kashia, Lasha Dvali; Otar Kakabadze, Otar Kiteishvili, Giorgi Kochorashvili, Levan Shengelia, Giorgi Chakvetadze; Georges Mikautadze, Khvicha Kvaratskhelia. Pelatih: Willy Sagnol.