News - Hasil final VNL Putra 2023 tadi malam Polandia vs USA (Amerika Serikat) ditutup dengan skor akhir 3-1 pada Senin 24 Juli. Dengan demikian, Polandia yang berstatus tuan rumah resmi menjadi juara VNL untuk pertama kalinya dalam sejarah. Sementara itu, Jepang resmi menjadi peringkat 3 VNL Putra 2023 usai menumbangkan Italia secara dramatis 3-2 di Gdansk, Polandia.

Polandia membuat daftar juara VNL Putra semakin didominasi oleh Eropa (CEV). Dalam 2 edisi beruntun, CEV selalu jadi pemenang VNL dengan negara yang berbeda, yaitu Prancis pada 2022 dan Polandia pada 2023. Sebaliknya, Amerika Serikat tidak hanya gagal menjadi negara NORCECA pertama yang juara VNL. Mereka juga gagal di final VNL Putra dalam 2 edisi berturut-turut.

Keberhasilan Polandia jadi juara VNL 2023 diikuti kesuksesan pemain mereka dalam prestasi individual. Tercatat, Pawel Zatorski keluar sebagai MVP VNL Putra 2023 sekaligus menyandang status Best Libero. Nama lain dari Polandia adalah Lukasz Kaczmarek yang jadi Best Opposite dan Jakub Kochanowski yang muncul sebagai Best Middle Blocker bersama David Smith (USA).