News - Head to head Portugal vs Republik Ceko masih didominasi oleh Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan. Empat kemenangan diraih Portugal dari lima perjumpaan dengan Ceko. Catatan itu sangat berguna bagi Portugal jelang pertemuannya dengan Ceko di Grup F EURO 2024.

Laga Portugal vs Ceko akan menjadi pertandingan penutup matchday 1 fase grup EURO 2024. Duel keduanya dihelat di Stadion Red Bull Arena, Leipzig, Jerman, Rabu (19/6) dini hari, pukul 02.00 WIB. Jika tidak ada perubahan, laga ini akan tayang live di RCTI dan Vision+ channel Sportstars 3 serta Sportstars 4.

Dominasi H2H Portugal vs Ceko Jelang Laga EURO 2024

Portugal tidak diragukan lagi menjadi favorit di pertandingan nanti berkat keunggulan head to head. Yang menarik adalah tiga dari lima pertemuan Portugal vs Ceko selama ini terjadi di putaran final Piala Eropa.

Meski hanya meraih satu kemenangan atas Portugal, hasil positif satu-satunya itu didapat Ceko di perjumpaan pertamanya melawan Seleção—julukan Timnas Portugal. Momen itu sangat menyakitkan bagi Portugal karena terjadi di perempat final EURO 1996 dengan skor 1-0.

Adalah Gol Karel Poborský yang saat itu berhasil menghempaskan Portugal dari turnamen. Selain Poborský, Ceko saat itu juga masih diperkuat oleh pemain legendaris lain, seperti Vladimír Šmicer, Pavel Srníček, dan Patrik Berger. Tidak heran jika mereka mampu masuk final meski akhirnya dikalahkan Jerman 1-2.

Portugal baru bisa membalas kekalahan itu di laga Grup A EURO 2008 yang digelar di Austria dan Swiss. Portugal meraih kemenangan 3-1 berkat aksi apik dari Cristiano Ronaldo. Selain mencetak satu gol, Ronaldo membuat dua assists untuk gol Deco dan Ricardo Quaresma.

Sementara itu, satu gol Ceko tercipta melalui sontekan Libor Sionko yang sempat membuat kedudukan menjadi imbang 1-1. Kemenangan tersebut membantu Portugal lolos ke babak berikutnya sedangkan Ceko tersingkir di babak grup.

Kemenangan kedua didapat Portugal empat tahun kemudian atau di EURO 2012. Kedua tim saat itu bertemu di fase gugur, tepatnya di babak perempat final.

Gol Cristiano Ronaldo di menit 79 kala itu menjadi pembeda laga kedua tim. Sayangnya, langkah Portugal terhenti di semifinal karena kalah adu penalti melawan Spanyol.

Sementara itu, dua pertemuan lain antara Portugal dan Ceko terjadi laga UEFA Nations League 2022-23. Baik di laga kandang maupun tandang, Portugal berhasil mengalahkan Ceko tanpa kebobolan.

Duel pertama mereka di ajang tersebut berakhir dengan skor 2-0. João Cancelo dan Gonçalo Guedes yang saat itu mencetak gol kemenangan Portugal di Stadion José Alvalade, Lisbon.

Skor lebih telak terjadi ketika mereka bertemu di laga kedua yang dimainkan di Stadion Fortuna Arena, Praha. Portugal menang 0-4 melalui gol Diogo Dalot (2 gol), Bruno Fernandes, dan Diogo Jota. Di laga tersebut, bek Persija Jakarta yakni Ondřej Kúdela main sejak menit 22 menggantikan Jakub Brabec yang mengalami cedera.

Satu catatan menarik jelang laga nanti adalah pertemuan Patrik Schick di kubu Ceko dan Cristiano Ronaldo di Timnas Portugal. Kedua pemain menyandang gelar top skor bersama di EURO 2020 lalu dengan masing-masing 5 gol. Jika keduanya tampil dan bisa kembali produktif, laga ini tentu lebih menarik untuk disaksikan.

"Kami akan saling bertemu sebagai sesama top skor di EURO terakhir. Mungkin hal itu akan membuat laga nanti lebih menarik. Tapi bagaimanapun juga kami tidak boleh menganggap remeh tim lain seperti Turki dan Georgia," kata Schick di laman web resmi UEFA.