News - Google Maps merilis dua fitur baru untuk memudahkan mobilitas masyarakat Indonesia melalui rute khusus motor dan fitur tambahan bagi pengendara mobil. Dijelaskan Dane Glasgow, Vice President Product Manager Google dalam keterangan resmi yang diterima Tirto, Selasa (20/3/2018), rute khusus motor merupakan fitur yang paling banyak diminta oleh masyarakat Indonesia.

"Kami mendengarkan masukan Anda dan kini kami dengan senang hati menawarkan fitur baru ini, yang semoga dapat sedikit mempermudah masyarakat untuk bepergian dengan sepeda motor di Indonesia," katanya.

Terkait rute khusus motor, fitur navigasi ini menambah mode yang telah ada yakni mobil, angkutan umum (KRL Commuter Line dan Transjakarta), jalan kaki, dan transportasi online (GO-JEK, Grab, Uber).

Fitur rute khusus motor ini dapat membantu pengguna memberikan waktu perjalanan lebih akurat menggunakan model machine learning berdasarkan kecepatan sepeda motor.

Selain itu, rute khusus motor tersebut mencakup jalan pintas dan jalan sempit bagi sepeda motor tanpa melalui jalan tol. Google juga berencana membuka antarmuka pemrograman aplikasi (API) untuk perusahaan yang bergerak di bidang pengangkutan, transportasi, dan ekspedisi.

"Kami juga berencana membuka dukungan API untuk siapa pun yang bergerak di bidang pengangkutan barang atau layanan, seperti perusahaan transportasi online dan ekspedisi," jelas Glasgow.