News - Partai Golkar resmi mendukung Wali Kota Medan, Bobby Nasution, sebagai Calon Gubernur Sumatra Utara (Cagub Sumut). Golkar pun sudah menyerahkan surat tugas kepada Bobby di DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (19/6/2024) dengan status Bobby yang kini menjadi kader Partai Gerindra.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengatakan dirinya meminta kepada Wakil Ketua Umum bidang Pemenangan Pemilu, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, untuk menyerahkan surat dukungan Bobby maju di Pilkada Sumatra Utara.

"Pada kesempatan ini sudah dibahas Pak Bobby [Nasution] akan maju menjadi [Calon] Gubernur Sumatra Utara, dan telah mendapatkan dukungan dari beberapa partai, termasuk dari Partai Golkar. Untuk itu saya minta Pak Doli [Kurnia Tandjung] untuk menyerahkan dukungan dari Partai Golkar," tutur Airlangga usai menggelar pertemuan dengan Bobby, di Jakarta, Rabu.

Airlangga menegaskan keputusan mendukung Bobby maju sebagai Cagub Sumut sudah berlangsung lama, bahkan sebelum Pemilu 2024. Ia mengaku, dukungan kepada menantu Presiden Jokowi ini berasal dari masukan DPD Golkar Provinsi Sumatra Utara.

"Surat sudah diberikan sebetulnya sebelum Pemilu [2024], dan sesudah pemilu dirapatkan secara nasional dan terakhir tentu dari Provinsi Sumatra Utara sudah menyampaikan dukungan kepada Pak Bobby. Jadi dengan dukungan bulat ini sudah memilih Mas Bobby untuk maju dari Partai Golkar," tegasnya.

Airlangga memastikan Golkar akan mendorong kadernya maju di Pilkada Sumut untuk mendampingi Bobby. Ia mengaku akan mendorong kader muda Golkar yang memiliki hubungan dengan Sumatra Utara, salah satunya adalah anak mantan Ketua Umum Partai Golkar, Akbar Tandjung, Sekar Tandjung.

"Khusus Partai Golkar, kami menyodorkan nama-nama kader-kader muda. Antara lain Ketua Hipmi dan Mbak Sekar [Tandjung] yang baru kita sodorkan," ujarnya.

Airlangga beralasan, Sekar Tandjung dipilih menjadi salah satu nama yang disodorkan karena masih merupakan bagian dari keluarga besar mantan Ketum Golkar, Akbar Tandjung.

"Mbak Sekar ini kan juga punya hubungan dengan Sumatra Utara, keluarga besar Akbar Tandjung," katanya.

Airlangga optimis Bobby beserta pasangannya akan memenangkan Pilkada Sumut. Salah satu pertimbangannya adalah tidak sedikit parpol yang mendukung pengusungan Bobby di Pilkada Sumut.

"Dengan kekuatan yang ada dan hasil survei yang dimiliki Partai Golkar, Insya Allah yang didukung Partai Golkar ini posisinya unggul," ungkapnya.

Sementara itu, Bobby yang hadir di lokasi mengucapkan terima kasih atas dukungan dan pemberian surat tugas.

"Alhamdulillah hari ini saya diberi surat tugas oleh Bapak Ketum (Airlangga), yang tadi disampaikan akan diberikan surat rekomendasi apabila sudah ada nama calon wakil gubernurnya," tutur Bobby.

Wali Kota Medan itu menegaskan, surat dukungan dari partai terbesar kedua di Pemilu 2024 ini menambah semangat dirinya dan masyarakat Sumut untuk menyongsong Pilkada Serentak 2024.

"Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat bagi pribadi dan penyemangat bagi seluruh warga Sumatra Utara," ujarnya.

Bobby mengaku sosok bakal cawagub yang akan mendampinginya akan diputuskan bersama seluruh partai koalisi.

Selain mendapat dukungan dari Golkar, Bobby sudah mendapat dukungan dari Gerindra, PAN, dan Demokrat.

"Untuk waktunya (pengumuman cawagub) tentunya ini akan diputuskan melalui partai koalisi. Jadi waktu pastinya nanti saya ngikut juga," ujar Bobby.