News - Kampas ganda motor berperan penting dalam sistem transmisi sepeda motor. Komponen ini menyalurkan daya dari mesin ke roda belakang sehingga motor dapat bergerak dengan efisien.

Berkaitan dengan peran krusial tersebut, merawat kampas ganda motor sangatlah penting untuk menjaga performa dan kenyamanan berkendara. Kampas yang aus dapat mengurangi akselerasi dan menyebabkan gesekan berlebih.

Untuk memahami fungsi kampas ganda motor sekaligus cara merawatnya, simak penjelasan dalam artikel ini. Berikut juga akan diterangkan tentang apa itu kampas ganda motor serta kisaran harga kampas ganda motor.

Apa Itu Kampas Ganda Motor

Kampas ganda atau dikenal juga sebagai kampas rem ganda merupakan bagian dari sistem rem sepeda motor. Letaknya di dalam kaliper rem.

Secara definitif, kampas ganda motor adalah komponen dalam sistem transmisi sepeda motor yang berperan sebagai penghubung daya antara mesin dan roda belakang.

Kampas ganda motor juga dikenal sebagai kopling sentrifugal atau kopling otomatis. Selaras dengan namanya, kampas ganda motor terdiri dari dua keping kampas yang dipasang secara berhadapan pada poros output mesin.

Cara kerjanya, saat putaran mesin mencapai Revolusi Per Menit (RPM) tertentu, kedua kampas tersebut akan melekat dan berputar bersama. Dengan demikian, tenaga dari mesin dapat ditransmisikan ke roda belakang melalui rantai dan roda gigi.