News - Dalam beberapa tahun terakhir, kita kerap kali mendapati berita mengenai sengketa di antara beberapa negara Asia Tenggara dan Tiongkok. Malaysia, Filipina, dan Vietnam adalah yang paling sering ribut dengan Tiongkok. Pangkal soalnya adalah batas teritorial di Laut Tiongkok Selatan.

Namun, sengketa teritorial di Laut Tiongkok Selatan rupa-rupanya hanyalah satu di antara sekian kasus sengketa internasional yang melibatkan negeri-negeri Asia Tenggara.

Sebelum kasus sengketa dengan Tiongkok itu mencuat, beberapa negara Asia Tenggara pun pernah saling bersengketa soal wilayah. Misalnya, sengketa Pulau Sipadan dan Ligitan antara Indonesia dan Malaysia. Kasus ini memanas pada 2002 dan diakhiri dengan kemenangan klaim Malaysia di Mahkamah Internasional. Selain itu, Indonesia dan Malaysia juga pernah bersengketa soal Ambalat.

Lalu, ada pula sengketa antara Thailand dan Kamboja terkait Kuil Preah pada 2008. Kasus ini berlangsung cukup sengit hingga kedua negara sempat terlibat kontak senjata.

Malaysia dan Filipina pun pernah berselisih soal klaim wilayah Sabah. Pada 2013, Sengketa Sabah sempat memanaskan hubungan kedua negara. Pangkal soalnya adalah aksi pendudukan wilayah Lahat Datu oleh ratusan orang bersenjata dari Filipina. Kontak senjata bahkan kemudian pecah.