News - Kasus tewasnya siswa SMP di Padang, Sumatra Barat, berinisial AF (13), menyita perhatian publik. Pasalnya, AM diduga tewas usai disiksa oknum polisi.

Warga yang sedang membuang sampah menemukan jasad AM, pada Minggu (9/6/2024), siang. AM terlihat mengambang di sungai bawah jembatan aliran Batang Kuranji, Jalan By Pass KM 9, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

Orang tua AM kemudian membuat laporan ke Polresta Padang. Laporan itu sudah tercatat dengan Nomor LP/B/409/VI/2024/SPKT/POLRESTA PADANG/POLDA SUMATERA BARAT.

Selain itu, usai kejadian itu Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang melakukan investigasi mandiri. LBH Padang pun menemukan bahwa diduga Tim Sabhara Polda Sumatera Barat melakukan penyiksaan terhadap AM dan teman-temannya yang dituduh terlibat tawuran.

Penyiksaan yang diduga dilakukan oknum polisi menyebabkan bocah 13 tahun itu tewas dengan mengenaskan. LBH Padang pun mengecam keras tindakan penegak hukum yang melanggar hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Mereka menuntut agar oknum polisi yang melakukan aksi tersebut harus dipecat dan dihukum sesuai undang-undang yang berlaku. Tak hanya itu, kasus meninggalnya AM menjadi viral di media sosial dan menuai sorotan publik.