News - Viral di media sosial video seekor orang utan raksasa mencari makan di sekitar pemukiman warga di Kalimantan Timur (Kaltim). Video tersebut menghebohkan warganet lantaran ukuran orang utan tampak sangat besar, bahkan hampir sebesar rumah.

Benarkah video tersebut merupakan orang utan raksasa dan bagaimana fakta-faktanya? Video diduga orang utan raksasa tersebut beredar di berbagai platform media sosial sejak Minggu (7/7/2024).

Video berdurasi sekitar 30 detik tersebut mendapat ratusan ribu tanggapan dari warganet. Banyak yang merasa sedih karena kehadiran orang utan di pemukiman warga menandakan bahwa habitat alami hewan yang dilindungi itu telah hilang.

Sejumlah netizen pun meminta pemerintah bertanggung jawab melindungi satwa dan habitatnya. Di sisi lain, beberapa warganet meragukan kebenaran video tersebut.

Hal ini karena narasi dalam video yang beredar menyebut bahwa orang utan tersebut punya ukuran sebesar rumah. Sebagian menilai bahwa narasi orang utan raksasa itu berlebihan dan cenderung menyesatkan.