News - Partai Demokrat meyakini duet Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak tetap menang meskipun ada wacana PKB-PDIP mengusung Kiai Marzuki Mustamar dengan Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Risma di Pilkada Jatim 2024.

"Jadi, kami tetap optimistis bahwa insyaallah Khofifah-Emil dapat berlayar dan menang pada Pilgub Jawa Timur ini," kata Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Teuku mengatakan, sikap optimistis partainya karena adanya survei internal yang menunjukkan pasangan Khofifah-Emil memiliki elektabilitas tertinggi. Selain itu, Khofifah-Emil memiliki tim pemenangan yang sudah matang untuk Pilgub Jatim.

"Ini juga sudah berdasarkan aspirasi dari masyarakat Jawa Timur, kemudian juga survei yang secara berkala kita lakukan, dan strategi-strategi kemenangan dan pembentukan tim-tim yang kita siapkan dengan matang," ucap Teuku.

Teuku mengatakan, partainya sejak Desember 2023 sudah memberikan rekomendasi dukungan untuk pasangan Khofifah-Emil pada Pilgub Jatim 2024.

"Desember, sudah memberikan surat rekomendasi untuk pasangan Khofifah-Emil, untuk melanjutkan periode keduanya dan sampai saat ini, dukungan dari partai-partai terhadap Khofifah-Emil itu juga semakin bertambah," tutur Teuku.

Diketahui, pasangan Khofifah-Emil telah mengantongi sejumlah surat keputusan dukungan dari partai pengusung Koalisi Indonesia Maju (KIM), koalisi pengusung dan pendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

Teranyar, Partai Gerindra resmi menyatakan dukungan kepada Khofifah- Emil sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jawa Timur 2024.

Dukungan itu disampaikan langsung oleh Ketum Gerindra, Prabowo Subianto, saat Khofifah-Emil sowan ke kediaman pribadinya di Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024) sore.

"Kami memutuskan mengusung, mencalonkan, dan mendukung Ibu Khofifah dan Mas Emil sebagai gubernur dan wakil gubenur Jatim lima tahun mendatang," kata Prabowo.

Prabowo berujar pihaknya siap memenangkan pasangan Khofifah-Emil di Pilkada Jawa Timur. Menurut Prabowo, Khofifah-Emil telah terbukti menunjukkan kinerja mereka saat memimpin Jatim.

Selain Gerindra, Khofifah-Emil juga mengantongi dukungan sepaket dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PAN, dan Golkar.