News - Energi alternatif sangat dibutuhkan oleh manusia untuk menggantikan energi fosil tidak terbarukan yang selama ini biasa digunakan.

Penggunaan energi alternatif di Indonesia dapat dilihat melalui berbagai jenis pemanfaatan, seperti pembangkit listrik tenaga air, angin, uap air, dan surya.

Oleh karena itu, manusia akan sangat merugi jika seandainya tidak ada energi alternatif. Lantas, apa akibatnya jika tidak ada sumber energi alternatif?

Sebelum beranjak ke pembahasan dampak tidak adanya energi alternatif, berikut akan dijelaskan pentingnya sumber energi terbarukan.

Mengapa Energi Alternatif Sangat Penting Bagi Kehidupan?

Energi, dalam kehidupan manusia, dipakai sebagai penggerak atau untuk menyalakan sesuatu. Sebut misalnya listrik, dimanfaatkan untuk menggerakan mesin-mesin kendaraan atau sekadar menyalakan lampu.

Mengutip Komunitas Dian Aksara dalam Energi Alternatif (2007), energi alternatif penting sebagai cadangan energi utama. Penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari bertujuan menghemat pengeluaran sumber energi fosil yang kian menurun jumlahnya.

Lantas, apa dampaknya menggunakan energi alternatif? Tentunya energi dapat mengalami penurunan kuantitas. Jika dipakai secara tidak baik dan pengelolaannya kurang hemat, energi alternatif bisa juga mengalami kelangkaan.

Dampak tidak adanya energi alternatif dapat dicegah dengan pemanfaatan sumber energi terbarukan secara baik dan efisien. Dengan pengelolaan serta penghematan yang rinci, energi alternatif bisa menyelesaikan fungsinya sebagai opsi pengganti sumber energi utama.

Wacana ini sekiranya dapat membawa kita ke pertanyaan masa depan tentang apa yang terjadi jika kehidupan manusia tanpa sumber energi alternatif? Pertanyaan tersebut berkaitan dengan pembahasan akibat jika tidak adanya energi alternatif yang akan dijelaskan di bawah ini.