News - Bedugul, sebuah desa yang terletak di dataran tinggi Bali, menawarkan panorama alam menakjubkan dan wisata budaya yang kaya. Dikelilingi oleh danau, gunung, dan hutan, Bedugul menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kota dan menikmati ketenangan alam.

Terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl), Taman Bedugul Bali terkenal dengan udaranya yang sejuk dan segar. Suhu di tempat tersebut rata-rata berkisar 18-25 derajat celsius, menjadikannya tempat yang ideal untuk tamasya saat liburan.

Pesona objek wisata Bedugul Bali tak hanya terletak pada keindahan alamnya, tetapi juga kekayaan budaya. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai pura Hindu yang megah, seperti Pura Ulun Danu Beratan yang ikonik di tepi Danau Beratan.

Tempat Wisata di Bedugul

Berikut rekomendasi tempat wisata di Bedugul yang dapat menjadi opsi liburan bersama keluarga maupun teman.

1. Pura Ulun Danu Beratan

Bagi para pencinta wisata alam, Danau Bratan menawarkan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat menjelajahi area danau dengan perahu, merasakan sensasi memancing ikan forel yang segar, atau bersantai di tepi danau sambil menikmati panorama menakjubkan.

Pura Ulun Danu Beratan yang terletak di tengah danau merupakan simbol spiritualitas dan budaya Bali yang kental. Pura Hindu ini memiliki arsitektur yang indah dan menjadi tempat suci untuk melakukan berbagai ritual keagamaan. Pengunjung dapat memasuki pura, mempelajari sejarah dan budayanya, serta merasakan atmosfer spiritual yang tenang dan damai.

Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan. foto/istockphoto

2. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan merupakan sebuah danau alami yang terletak di dekat Bedugul. Tempat wisata di Bedugul ini menawarkan pesona yang berbeda dari Danau Bratan.

Meskipun tidak secara administratif termasuk dalam wilayah Bedugul, danau ini mudah diakses dan menjadi destinasi wisata menarik bagi para penjelajah alam dan budaya. Dikelilingi oleh pegunungan dan hutan rimbun, Danau Tamblingan memiliki panorama alam memukau dan suasana yang tenang.

Danau Tamblingan memiliki akses jalan yang cukup terjal. Oleh karena itu, saat hendak pergi ke objek wisata Bedugul ini, Anda disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dengan supir berpengalaman.

Danau Tamblingan

Danau Tamblingan. foto/istockphoto

3. Kebun Raya Bedugul

Di antara pesona pantai dan danau, Bedugul menawarkan pilihan wisata alternatif yang tak kalah menarik, yaitu Kebun Raya Bedugul. Terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Kebun Raya Bedugul menghadirkan oase hijau yang menyejukkan dan edukatif.

Dibangun pada 1959, Kebun Raya Bedugul membentang seluas 157,5 hektar di ketinggian 1.240 mdpl. Lebih dari sekadar tempat wisata, Kebun Raya ini berperan penting dalam konservasi dan edukasi flora. Wisatawan dapat menjelajahi berbagai taman tematik, seperti Taman Usada, Taman Surya Nirwana, Taman Paku, Ramayana Boulevard, Rumah Kaca Begonia, Taman Rhododendron, Taman Mawar, dan Taman Bambu.

Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul wikimedia commons/Bali Botanic Garden

4. Kinting’s Strawberry

Bagi para pencinta buah segar dan petualangan seru, Kinting's Strawberry bisa menjadi opsi kunjungan untuk menambah pengalaman yang tak terlupakan.

Terletak di sekitar wilayah Bedugul, Kinting's Strawberry mengajak pengunjung untuk merasakan sensasi memetik buah stroberi langsung dari kebunnya. Selain memetik stroberi, Anda menikmati pemandangan matahari terbit dan menyewa Jeep di taman Bedugul Bali ini.

5. Danau Buyan

Danau Buyan, salah satu dari tiga danau di Bedugul, menawarkan pesona alam yang berbeda dengan dua danau lainnya.

Berbeda dengan Danau Beratan dan Danau Tamblingan yang memiliki unsur historis dan budaya, Danau Buyan lebih difokuskan pada upaya konservasi alam. Keanekaragaman hayati di Danau Buyan menjadi daya tarik bagi para pencinta alam dan peneliti.

Tiket masuk ke Danau Buyan relatif terjangkau, mulai Rp10 ribu per orang.

Danau Buyan

Danau Buyan. foto/istockphoto

6. The Sila’s Agrotourism

The Sila's Agrotourism di Bedugul merupakan destinasi wisata yang cocok bagi pencinta petualangan dan wisata alam. Di salah satu objek wisata Bedugul ini, Anda dapat menikmati berbagai aktivitas seru dan menarik, seperti trekking, bersepeda gunung, bertualang dengan ATV, hingga menjelajahi perkebunan dengan berjalan kaki atau menunggangi kuda.

Untuk berwisata ke sana, Anda perlu merogoh kocek mulai dari Rp150 ribu per orang. Namun, harga ini bisa berubah di hari libur.

The Silas Agrotourism

The Silas Agrotourism. Instagram/the_silas_agrotourism

7. Glamour Camping Site Bedugul

Bagi para pencinta alam dan petualangan, Glamour Camping Site Bedugul merupakan destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan. Terletak di dataran tinggi dekat 3 danau besar Bedugul, Glamour Camping Site Bedugul menawarkan pengalaman berkemah yang tak terlupakan dengan panorama alam yang indah dan fasilitas yang lengkap.

Untuk bisa berkemah di sana, Anda mesti menyiapkan uang sekitar Rp400 ribu per orang. Harga ini bisa berubah-ubah, bergantung pada platform pihak ketiga yang Anda pakai dan hari pemesanan.

Glamour Camping Site Bedugul

Glamour Camping Site Bedugul. instagram/glamour_camping_bedugul•

8. The Blooms Garden

The Blooms Garden hadir sebagai salah satu daya tarik utama tempat wisata di Bedugul, menawarkan oase keindahan alam yang asri dan tertata rapi. Taman bunga ini dikembangkan sebagai destinasi wisata fotogenik yang digemari para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Pengunjung akan dimanjakan dengan penataan bunga, tanaman, dan hiasan taman yang estetis dan memanjakan mata. Setiap sudut taman menawarkan spot foto unik dan instagramable. Untuk menikmatinya, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar kurang lebih Rp40 ribu per orang.

The Bloom Garden Bali

The Bloom Garden Bali. Instagram/thebloomsbali•

9. Pasar Candi Kuning

Pasar tradisional Bedugul yang biasa disebut pasar Candi Kuning ini menawarkan pengalaman berbelanja unik dan berbeda dengan pasar wisata lainnya. Pasar ini menjadi tempat ideal untuk menemukan produk-produk lokal khas Bedugul dan merasakan kearifan lokal masyarakat setempat.

Pasar Tradisional Bedugul juga menawarkan berbagai produk lokal unik dan khas Bedugul, seperti kerajinan tangan, suvenir, dan makanan khas daerah. Tidak ada tiket masuk di wisata Bedugul Bali satu ini. Anda hanya perlu mengeluarkan uang saat hendak membeli sesuatu dari para pedagang.

10. Bali TreeTop Adventure Park

Bali Treetop Adventure Park merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengajak anak-anak bertualang seru dan lebih dekat dengan alam di Bedugul. Awalnya, tempat ini merupakan taman wisata tantangan dan outbound yang ditujukan untuk semua usia. Namun, karena keterbatasan lahan, taman ini diubah fokusnya untuk melayani anak-anak. Berbagai wahana dan aktivitas dirancang khusus untuk anak-anak dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Untuk menikmati objek wisata Bedugul ini, Anda mesti menyiapkan cukup uang. Harga tiket masuk Bali TreeTop Adventure Park berbeda-beda, bergantung pada paket yang tersedia, berkisar Rp200-500 ribuan.