News - Dashcam mobil adalah perangkat yang dipasang di dalam mobil untuk merekam kejadian di sekitar kendaraan, seperti kecelakaan, tindak kriminal, dan insiden lainnya. Fungsi utama dashcam ialah sebagai bukti visual yang berguna dalam investigasi dan penyelesaian masalah di jalan raya.

Dashcam telah menjadi perlengkapan penting bagi pengemudi modern. Memasang perangkat dashcam tidak hanya meningkatkan keamanan tetapi juga penunjang keperluan dokumentasi.

Sekarang ini, semakin banyak pengemudi yang menyadari manfaat dashcam di mobil mereka. Meski demikian, beberapa pengemudi masih kebingungan memilih dashcam mobil terbaik.

Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas secara singkat tentang tips memilih serta rekomendasi dashcam terbaik yang dilengkapi dengan fitur canggih.

10 Rekomendasi Dashcam Mobil Terbaik

Dengan berbagai pilihan dashcam yang tersedia, Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran untuk memastikan keamanan dan dokumentasi yang optimal saat berkendara. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi dashcam mobil terbaik.

1. 70mai M300 Smart Dash Camera

Dashcam ini memiliki fitur lengkap, mulai dari koneksi WiFi, kontrol aplikasi, hingga video berkualitas tinggi. Fitur tambahan juga ada, termasuk performa cahaya rendah yang stabil, time-lapse recording, loop recording, dan indikator LED bawaan. Harganya yang terjangkau dan kontrol aplikasi yang mudah membuatnya populer di kalangan pengguna.

2. 70mai A500S Dash Camera

Dashcam ini dilengkapi dengan layar IPS 2 inci, kamera depan 5 megapiksel dengan resolusi 1944P, serta fitur 3D DNR dan WDR. Aperture F/1.8 memungkinkan penggunaan di malam hari, dan fitur GPS bawaan serta pelacakan rute perjalanan menambah fungsionalitasnya.

3. Philips CVR108

Dashcam mobil Philips CVR108 memiliki lensa bersudut pandang sekitar 130 derajat sehingga memungkinkan rekaman dengan cakupan luas. Fitur G-sensor Lock otomatis menyimpan data penting dalam memori. Dengan salah satu produk dashcam mobil terbaik ini, pengguna tidak perlu khawatir kehilangan rekaman.

4. ThiEye Safeel 3R

Rekomendasi dashcam terbaik lainnya ialah ThiEye Safeel 3R. Produk ini dilengkapi dengan sistem dual kamera yang bisa merekam dua sisi sekaligus dengan kualitas video yang sama. Kamera belakangnya memiliki fitur anti-air IPX7 dan dapat dipasang di luar mobil untuk rekaman yang jelas, bahkan saat hujan.

5. Blackvue DR490-2CH

BlackVue DR490-2CH adalah salah satu dashcam mobil rekomendasi karena memiliki fitur-fitur canggih dan berteknologi tinggi. Jenama ini menawarkan rekaman Dual Full HD (1080p) pada kamera depan dan belakang secara simultan sehingga memberikan gambaran jelas dan lengkap tentang kejadian di sekitar mobil.

Layar sentuh LCD memudahkan pengaturan dan melihat rekaman. Selain itu, BlackVue DR490-2CH dilengkapi dengan penyimpanan cloud yang memudahkan pengunduhan, fitur GPS untuk mencatat lokasi dan kecepatan, serta Wi-Fi untuk akses rekaman online.

6. Xiaomi Yi Dashcam

Xiaomi Yi Dashcam juga termasuk salah satu rekomendasi dashcam terbaik yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Dashcam ini merekam video dengan resolusi 1080P dan frame rate 60fps sehingga memberikan gambaran yang jelas tentang kejadian di sekitar mobil. Dilengkapi dengan WiFi, pengguna dapat mengakses dan mengunduh rekaman secara online.

Lensa dashcam memiliki sudut sekitar 165 derajat sehingga dapat merekam momen dengan cakupan luas. Desainnya simpel dan ringkas, memudahkan pemasangan dan penggunaan di dalam mobil. Produk ini dilengkapi dengan garansi resmi selama 12 bulan atau 1 tahun, serta dapat memperbarui firmware secara daring.

7. SJCAM SJ Dash Car Dashcam 1080P

Pilihan lain yang menjadi salah satu rekomendasi dashcam terbaik adalah SJCAM SJ Dash Car Dashcam 1080P. Seperti namanya, dashcam ini menawarkan kamera dengan resolusi 1080p yang menghasilkan rekaman sangat kontras dan jelas.

Perbedaan signifikan dari dashcam ini adalah penggunaannya yang tidak bergantung pada baterai, melainkan menggunakan superkapasitor. Hal ini memungkinkan dashcam berfungsi secara optimal dalam berbagai kondisi suhu, baik panas maupun dingin.

8. Raiton C6-S

Raiton C6-S merupakan salah satu dashcam terbaik untuk mobil dengan desain ergonomis yang memudahkan penempatannya di dasbor. Fitur utamanya termasuk sistem peringatan otomatis untuk mendeteksi jarak terlalu dekat atau keluar jalur, meningkatkan keselamatan pengendara dan mengurangi risiko kecelakaan. Selain itu, dashcam ini dilengkapi dengan fitur Parking Monitoring yang mendeteksi guncangan dan Motion Detector untuk merekam otomatis saat ada gerakan.

9. Blackvue DR750X-2CH LTE Plus Cloud Dash Cam

Dashcam ini dilengkapi dengan konektivitas 4G LTE dan kamera beresolusi Full HD 1080p untuk merekam kondisi depan dan belakang mobil dengan jernih. Dengan sudut pandang hingga 139 derajat, kamera ini menangkap gambar secara luas. Fitur lain termasuk GPS, hotspot seluler, sensor deteksi gerakan dan benturan, serta speaker internal yang jernih.

10. VIVAN VDR01 Dash Cam

Produk dashcam ini hadir dengan layar 2 inci yang mudah dioperasikan, dengan resolusi hingga 1080P dan sudut pandang 140 derajat. Pengguna dapat menyimpan rekaman menggunakan kartu memori hingga 32 gigabita.

Fitur-fitur unggulan dashcam ini meliputi super kapasitor untuk menjaga baterai dalam suhu ekstrem, Automatic Video Lock saat terjadi pengereman mendadak atau tabrakan, serta loop otomatis untuk merekam tanpa delay dengan durasi panjang.