News - Daftar pemain di skuad Georgia EURO 2024 tidak hanya mengandalkan nama Khvicha Kvaratskhelia (Napoli) semata. Pelatih Willy Sagnol telah mengumumkan 26 nama untuk membela satu-satunya negara debutan di Piala Eropa 2024 ini.

Dari total 26 pemain Georgia yang akan bertempur di Grup F EURO 2024, tercatat 24 di antaranya bermain abroad. Hanya 2 penggawa yang berasal dari liga lokal Georgia. Mereka adalah Giorgi Loria (Dinamo Tbilisi) dan Giorgi Tsitaishvili (Dinamo Batumi).

Georgia lolos ke putaran final EURO 2024 melalui jalur khusus playoff. Sebelumnya, di babak kualifikasi, The Crusaders masuk di Grup A yang berlabel grup neraka. Mereka kalah bersaing dengan Spanyol dan Skotlandia. Bahkan, Norwegia yang punya Erling Haaland hanya bisa finis peringkat ketiga.

Di kualifikasi Grup A, Georgia yang mengoleksi 2 menang, 2 seri, dan 4 kalah hanya bisa terkunci di peringkat 4. Namun, The Crusaders tampil luar biasa di UEFA Nations League 2022/2023 Grup C4. Mereka jadi juara grup yang diisi Bulgaria, Makedonia Utara, dan Gibraltar itu.

Sebagai juara Grup C4, Georgia tidak hanya promosi ke League B. Tetapi juga, mendapatkan hak masuk ke playoff kualifikasi EURO 2024. Di sinilah The Crusaders menciptakan sejarah. Mereka mengeliminasi Luksemburg, lantas menundukkan juara EURO 2004, Yunani, via adu penalti.

Lolosnya Georgia ke putaran final EURO 2024 adalah yang pertama dalam 34 tahun sejarah negara tersebut. Pada masa lalu, legenda seperti Shota Arveladze, Temur Ketsbaia, hingga Levan Kobiashvili tak bisa mencapai EURO. Kini, generasi baru siap membuat rekor di Jerman 2024.