News - Samsung akan memperkenalkan sederatan gawai terbaru mereka yang memiliki fitur Galaxy AI pada acara Galaxy Unpacked di Paris pada 10 Juli 2024 pukul 20.00 WIB.

Peluncuran tersebut melalui juga disiarkan langsung melalui laman samsung.com. Teaser undangannya sudah diunggah melalui YouTube Samsung Indonesia.

Di situ dijelaskan pula bahwa pre-order produk yang diperkenalkan dalam Galaxy Unpacked bisa dilakukan saat itu juga sewaktu peluncuran.

Menurut hasil riset dari Samsung Consumer marketing Insight Study on AI Perception, peminat Galaxy AI di Asia Tenggara dan Oseania cukup tinggi di antara pengguna Samsung Galaxy atau pun bukan.

Pada pengguna Samsung Galaxy, dua per tiga mereka telah memanfaatkan fitur AI yang tersedia sebelumnya. Contoh fitur tersebut ada di Circle to Search, Chat Assist, dan Generative Edit.

Pengalaman AI di produk Samsung sudah dimulai sejak peluncuran Galaxy S24 series. Samsung turut memberikan pengalaman menggunakan Galaxy AI melalui pembaruan One UI 6.1. Adanya AI pada produk Galaxy digadang telah meningkatkan efisiensi kerja dan produktivitas penggunanya.

"Melalui pembaruan One UI 6.1, kami menghadirkan Galaxy AI ke lebih banyak perangkat Galaxy, dan memberikan pengalaman mobile AI yang canggih kepada sebanyak mungkin pengguna," kata VP & Regional Head of Mobile Experience Business, Samsung Electronics Southeast Asia and Oceania, Carl Nordenberga, dikutip laman Samsung.

Lalu, apa saja gawai anyar dengan teknologi AI yang akan dirilis dan diperkenalkan Samsung pada Galaxy Unpacked 2024? Simak berikut ini.

Daftar Gadget Terbaru yang Rilis di Galaxy Unpacked 2024

Perangkat baru dari Samsung yang akan dirilis pada Galaxy Unpacked 2024 akan tersedia informasi lengkapnya pada 10 Juli 2024.

Meski demikian, beberapa situs telah memberikan bocorannya. Di sisi lain, Samsung pun sudah memperkenalkan sebagian produk Galaxy yang belum dirilis melalui pameran.

Produk yang diperkirakan rilis ada beberapa gawai yang tidak terbatas pada smartphone. Daftarnya seperti berikut:

1. Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6

Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 diperkirakan menjadi produk unggulan yang diperkenalkan pada Galaxy Unpacked 2024.

Desain Z Fold 6 memiliki pembaruan dengan bentuk lebih persegi. Baterainya tetap berkapasitas 4.400 mAh namun memiliki masa pakai lebih lama. Ada pun Z Flip 6 masih memakai model clamshell dan tidak banyak perubahan dari sisi bentuk.

Peningkatannya kemungkinan ditemukan pada kecerahan layar seperti Z Fold 6 dan sudah ditanam sistem pendingin ruang uap. Kedua ponsel tersebut dikabarkan akan ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 3 dengan RAM 12GB.

2. Galaxy Watch

Rumor yang beredar Samsung akan memperkenalkan Galaxy Watch 7 Ultra. Produk ini menjadi penerus dari generasi sebelumnya.

Sejauh ini sudah Samsung sudah memperkenalkan Galaxy Watch 7 reguler dan Galaxy Watch FE dengan banderol lebih murah.

3. Galaxy Buds

Samsung Galaxy Buds 3 turut digadang akan diperkenalkan. Bentuknya seperti AirPods generasi 3 dari Apple. Perbedaannya pada bagian ujung yang memiliki sudut dan tidak membulat.

4. Galaxy Ring

Samsung Galaxy Ring adalah gawai berbentuk cincin yang digadang mampu menyimpan data kesehatan melalui pengukuran dari sensor ditanam.

Rumornya, harga cincin ini mulai 300 dolar AS atau sekira Rp4,8 jutaan. Informasi lebih detail lagi belum banyak yang terungkap.

5. Galaxy AI

Galaxy AI rencananya disematkan pada berbagai jenis ponsel Samsung Galaxy. AI ini diperluas pada beragam fitur di ponsel Galaxy seperti chat, penyuntingan foto dan video, dan sebagainya.