News - PT Jasamarga Transjawa Tol (PT JTT) memperpanjang contraflow yang diterapkan di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Cikampek mulai Kamis (11/4/2024) siang. Kini, contraflow diterapkan mulai Kilometer (Km) 47 hingga Km 65.

VP Corporate Secretary and Legal PT JTT, Ria Marlindo Paallo, mengatakan perpanjangan contraflow dilakukan berdasarkan diskresi pihak kepolisian.

"Setelah sebelumnya dibuka contraflow satu lajur dari Km 55-Km 65 arah Cikampek ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pukul 11.10 WIB, atas diskresi dari pihak Kepolisian, PT Jasamarga Transjawa Tol melakukan perpanjangan contraflow [menjadi] Km 47-Km 65 mulai pukul 11.46 WIB," katanya dalam keterangan yang diterima.

Menurut Ria, volume lalu lintas kendaraan bermotor roda empat di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek mulai meningkat pada Kamis siang. PT JTT mengimbau masyarakat untuk berhati-hati selama berkendara di jalan tol.

Pengguna jalan tol juga diimbau untuk mengisi bahan bakar, membawa bekal, serta memastikan mobil dalam keadaan prima selama mudik Lebaran 2024.

"Pengguna jalan tol juga dapat memperbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy 4.2 serta hubungi One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini," ucap Ria.

Di masa libur Lebaran 2024 kali ini, sistem contraflow juga diberlakukan karena saat itu merupakan periode terjadinya lonjakan volume kendaraan yang signifikan.

Melonjaknya volume kendaraan sendiri dikarenakan banyak masyarakat yang melakukan perjalanan pulang kampung untuk merayakan Hari Raya Idulfitri bersama keluarga dan kerabat mereka.

Kemudian, lonjakan volume kendaraan tersebut seringkali menyebabkan kemacetan di jalan-jalan utama dan tol. Oleh sebab itu, sistem contraflow digunakan untuk mengurai kemacetan tersebut.

Contraflow merupakan sistem rekayasa atau pengaturan lalu lintas yang dilakukan dengan mengubah sebagian arah arus lalu lintas kendaraan di jalan yang sedang mengalami kemacetan.