News - Teks prosedur adalah tulisan yang berisi instruksi, petunjuk, atau panduan mengerjakan sesuatu dengan tujuan tertentu. Jenis teks ini diklasifikasikan sesuai tingkat kerumitan penulisannya, mulai dari sederhana, kompleks, dan protokol.

Jenis teks prosedur sederhana memuat langkah ringkas meliputi kurang dari lima tahapan. Teks prosedur protokol lebih banyak dari sederhana tetapi penjelasan per langkahnya singkat.

Arnia Aulia dalam Teks Prosedur dan Teks Eksposisi (2022) menyebut, teks prosedur kompleks adalah tulisan yang langkahnya banyak. Setiap langkah yang ditulis juga lebih rinci karena mengandung keterangan atau sub langkah tertentu. Agar lebih mudah memahaminya, Anda bisa membaca beberapa contoh teks prosedur kompleks.

Contoh teks prosedur kompleks singkat dapat berupa langkah-langkah menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Di antaranya termasuk cara membuat donat, rengginang, atau teks prosedur cara membuat e KTP.

7 Contoh Teks Prosedur Kompleks

Berikut beberapa contoh teks prosedur kegiatan sehari-hari.

A. Cara Membuat Rengginang yang Awet dan Gurih

Rengginang merupakan makanan khas Indonesia yang dibuat dari beras ketan. Rasanya yang gurih dan renyah membuat makanan ini disukai. Bukan hanya itu, sifatnya yang awet dapat disimpan hingga beberapa bulan. Berikut cara membuat rengginang yang awet.

1. Cuci beras ketan

Gunakan air yang mengalir, pastikan pasir dan batu tak mengendap di tumpukan beras ketan. Ulangi hingga 2-3 kali.

2. Rebus beras ketan dengan air mendidih

Gunakan panci sesuai banyaknya beras ketan yang Anda siapkan. Hal ini perlu diperhatikan karena beras ketan akan mengembang ketika direbus. Proses perebusan ini dilakukan 15-20 menit.

3. Kukus beras ketan sampai melunak

Lakukan pengukusan untuk membuat bagian dalamnya lunak. Proses ini dilakukan 15-20 menit menggunakan panci khusus untuk kukus.

4. Berikan bumbu pada beras ketan

Anda boleh memberikan garam dan penyedap sesuai keinginan. Ketika memberikan bumbu, jangan lupa untuk mengaduk-aduk beras ketan agar tercampur rata.

5. Cetak beras ketan yang telah matang

Gunakan bambu atau tutup gelas yang dapat digunakan untuk membulatkan calon rengginang. Jangan terlalu tebal agar waktu penjemurannya tidak berlangsung lama.

6. Jemur beras ketan

Lakukan penjemuran selama 1-2 hari.

7. Goreng

Gunakan minyak banyak saat menggoreng rengginang.

8. Simpan di wadah kedap udara

Jika rengginang yang digoreng sudah matang, Anda bisa memindahkannya ke wadah kedap udara. Misalnya toples, tempat makan, kaleng, dan lain-lain.