News - Contoh teks MC pelaksanaan shalat Idul Adha menjadi salah satu hal yang perlu dipersiapkan oleh panitia penyelenggara. Artikel ini akan menyajikan contoh teks MC shalat Idul Adha yang bisa dijadikan referensi oleh pembawa acara.

Idul Adha akan dirayakan pada 10 Zulhijah 1445 Hijriah yang akan bertepatan dengan Senin, 17 Juni 2024. Perayaan Idul Adha tahun ini pun sudah dipastikan sama antara pemerintah, Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama (NU).

Meski demikian, akan ada perbedaan waktu perayaan Idul Adha antara Indonesia dan Arab Saudi. Pemerintah Arab Saudi sebelumnya sudah menetapkan bahwa Idul Adha 1445 H akan dirayakan pada Minggu, 16 Juni 2024.

Perbedaan waktu Lebaran Haji ini pun disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari elongasi, perbedaan zona waktu, hingga adanya perbedaan kondisi alam. Namun, hal itu tidak menjadi masalah karena penetapan Idul Adha di Indonesia sudah memenuhi kriteria yang disepakati oleh Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

Idul Adha sendiri merupakan hari besar umat Islam yang akan dirayakan dengan cara shalat id berjamaah, baik di lapangan maupun masjid. Usai melaksanakan shalat id, umat Islam akan bergotong royong melakukan penyembelihan hewan kurban yang termasuk ibadah utama di hari Idul Adha.