News - Matsama atau Masa Ta’aruf Siswa Madrasah diperkirakan akan berlangsung mulai pertengahan Juli 2024 di beberapa daerah Indonesia. Tanggal pelaksanaan Matsama kemungkinan akan bergulir pada 15 hingga 20 Juli 2024.

Agenda Matsama sejatinya mirip dengan MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang dilaksanakan di lingkungan sekolah non-Madrasah. Matsama menjadi kegiatan serupa yang diselenggarakan di lingkungan Madrasah.

Seperti MPLS, Matsama bergulir setiap tahun pada awal tahun ajaran baru. Tujuan dari pelaksanaan Matsama antara lain adalah membantu siswa-siswi baru berbagai jenjang, mulai dari MI, MTs dan MA, beradaptasi dengan lingkungan Madrasah yang baru.

Agar lebih jelas, berikut ini akan dijabarkan tujuan dari Matsama 2024, sebagaimana dilansir dari Pedoman Pelaksanaan Matsama 2024/2025:

  1. Mengenalkan lingkungan belajar kepada siswa baru agar dapat mengenali keadaan diri dan sosialnya. Dengan demikian, siswa memiliki kesiapan mental dan mudah menyesuaikan diri dalam mengikuti proses pembelajaran.
  2. Menumbuhkan kebanggaan kepada siswa baru terhadap madrasah dan memicu pemahaman akan nilai-nilai kekhasan madrasah. Merangsang rasa cinta siswa kepada madrasah, serta menjaga nama baik madrasah.
  3. Mengenalkan sembilan nilai moderasi beragama, menumbuhkan budaya dan jiwa inklusif, ramah, anti kekerasan fisik maupun psikis (bullying), dan menghargai harkat serta martabat kemanusiaan.
  4. Mengenalkan kebiasaan hidup bersih dan sehat, termasuk pemahaman akan makanan dan minuman halal.
  5. Memantik sikap disiplin dan tanggungjawab siswa serta mental mandiri berprestasi.

Lantas, apa saja contoh dari tata tertib Matsama Madrasah?