News - Contoh susunan acara perpisahan sekolah wisuda untuk SD, SMP, dan SMA/SMK dibuat untuk agenda akhir pembelajaran anak-anak sekolah.

Jelang liburan panjang setelah selesainya semester 2 pada sebuah periode tahun pelajaran, akan diikuti dengan kelulusan bagi siswa kelas atas.

Hal ini akan dialami siswa kelas 6 SD, 9 SMP, hingga kelas 12 SMA/SMK. Umumnya setelah tanggal kelulusan, pihak sekolah mengadakan kegiatan perpisahan.

Hanya saja, belakangan muncul kegiatan perpisahan sekolah yang turut diikuti prosesi wisuda layaknya lulus dari Perguruan Tinggi. Para lulusan memakai jubah dan topi toga.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wisuda adalah peresmian atau pelantikan yang dilakukan dengan upacara khidmat.

Wisuda sebenarnya identik dengan puncak kesuksesan setelah mengenyam pendidikan panjang dengan segala tantangannya, yang dijalani mahasiswa sejak kecilnya. Oleh sebab itu, prosesi wisuda cukup sakral dalam kehidupan seorang pembelajar.

Ada pun bagi jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK, prosesi perpisahan sekolah merupakan momen yang tepat ketimbang wisuda. Kegiatan diadakan pihak sekolah dan dapat dibantu perwakilan wali murid dalam kepanitiaannya. Susunan acara dibuat lebih sederhana tapi dijalankan dengan khidmat.

Perpisahan sekolah menjadi kegiatan penyerahan kembali para siswa dari sekolah kepada orang tua karena telah selesai menjalani pendidikan pada periode tertentu. Momen tersebut juga sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pendidik yang membantu para siswa menjadi insan lebih baik.