News - Soal-soal UMPTKIN 2024 Literasi Ajaran Islam dan jawabannya berikut ini dapat dijadikan salah satu bahan untuk persiapan sebelum mengikuti ujian SSE UM-PTKIN.

UM-PTKIN adalah seleksi masuk perguruan tinggi Islam negeri yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. Pola PMB dalam UM PTKIN dilaksanakan secara nasional dalam satu sistem terpadu serentak.

Ujian dalam UMPTKIN 2024 menggunakan aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE). SSE adalah aplikasi ujian berbasis komputer (PC/ laptop). Artinya, tes tidak lagi berbasis kertas.

Tahun ini, ujian SSE UMPTKIN diselenggarakan selama tanggal 24 sampai 30 Juni 2024. Jadwal ujian SSE UMPTKIN dan lokasinya bisa dicek di Kartu Peserta Ujian milik masing-masing peserta.

Pengumuman hasil UMPTKIN 2024 yang memastikan kelolosan peserta seleksi ini bakal dirilis pada 8 Juli 2024.

Materi Literasi Ajaran Agama Islam UMPTKIN 2024

Di Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Kejuruan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2024, ada 4 materi yang akan diujikan dalam ujian SSE.

Dikutip laman resmi UMPTKIN, empat materi UMPTKIN 2024 itu ialah Penalaran Akademik (PA), Penalaran Matematika, Literasi Membaca, dan Literasi Ajaran Islam.

1. Penalaran Akademik (PA)

Menilai kemampuan calon mahasiswa untuk sukses di jenjang strata satu. TPA mencakup:

  • Penalaran Verbal: Mengukur kemampuan memahami dan menggunakan bahasa tertulis, termasuk kata, kalimat, dan narasi.
  • Penalaran Gambar: Mengukur kemampuan visualisasi dan pemahaman objek atau simbol secara abstrak, yang penting untuk kreativitas.
  • Penalaran Kuantitatif: Mengukur kemampuan menerapkan konsep angka dan logika dalam berpikir sistematis dan memecahkan masalah. Tes mencakup konteks umum serta aspek kehidupan sehari-hari seperti sains, teknologi, ekonomi, dan budaya.

2. Penalaran Matematika

Mengukur kemampuan memahami dan menganalisis bacaan matematika untuk memecahkan masalah sehari-hari dengan menggunakan grafik, tabel, dan representasi lainnya.

3. Literasi Membaca

Menilai kemampuan memahami, menggunakan, dan mengevaluasi teks dalam Bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab, dalam konteks sosiohumaniora dan sains, untuk mengembangkan individu yang unggul sebagai warga Indonesia dan dunia.

4. Literasi Ajaran Islam

Materi literasi ajaran Islam untuk menilai kemampuan memahami, menerapkan, dan menganalisis ajaran Islam dan literasi keislaman seperti Al-Quran, Hadis, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam, untuk membentuk kepribadian baik dan memperkuat iman dalam kehidupan pribadi dan masyarakat.

Soal Literasi Ajaran Islam UMPTKIN 2024 & Jawaban

Untuk mematangkan persiapan sebelum mengikuti ujian, peserta bisa mempelajari sejumlah soal UMPTKIN Literasi Ajaran Islam di bawah ini.

Materi soal Literasi Ajaran Islam diujikan di UMPTKIN 2024 untuk mengukur kemampuan peserta dalam memahami tema-tema keislaman, yang terkait dengan Al-Quran, Hadis, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam.