News - Calon mahasiswa baru yang mendaftar di kampus Islam negeri jalur tes harus mempersiapkan diri menjelang Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) 2024.

UM-PTKIN 2024 akan berlangsung pada 24-30 Juni 2024. Selain menyiapkan berbagai dokumen yang mesti dibawa, pendaftar seyogianya mempelajari materi ujian.

Ujian Masuk PTKIN 2024 mencakup empat materi besar, yakni Penalaran Akademik, Penalaran Matematika, Literasi Membaca, dan Literasi Ajaran Islam.

Sebagai bahan belajar, artikel ini akan menyajikan kumpulan contoh soal Penalaran Kuantitatif UMPTKIN 2024 dan materinya.

Materi Penalaran Akademik UMPTKIN 2024

Materi Penalaran Akademik UMPTKIN 2024 mencakup tiga submateri, yakni Penalaran Verbal, Penalaran Gambar, dan tes Penalaran Kuantitatif. Berikut kisi-kisi materi dan penjelasan masing-masing.

1. Penalaran Verbal

Tes Penalaran Verbal akan menguji pemahaman berbahasa secara tertulis berdasarkan struktur dan aturan baku, baik dalam kata, kalimat, maupun narasi.

2. Penalaran Gambar

Tes Penalaran Gambar akan menguji visualisasi dan pemahaman objek atau simbol secara abstrak. Penalaran gambar sangat cocok untuk memprediksi kreativitas calon mahasiswa.

3. Penalaran Kuantitatif

Tes Penalaran Kuantitatif akan menguji penerapan konsep hitungan, logika angka, simbol numerikal dalam berpikir sistematis dan memecahkan masalah.