News - Contoh soal OSN Provinsi atau OSN-P SD 2023 beserta kunci jawaban dan pembahasan menjadi salah satu materi yang sangat dibutuhkan oleh peserta OSN sebagai referensi belajar sekaligus latihan untuk menghadapi OSN jenjang SD 2023.

Sebelum mengikuti ajang olimpiade, peserta juga dapat mempelajari dan mengerjakan kumpulan contoh soal OSN jenjang SD dalam lima tahun terakhir sebagai bahan belajar yang efektif untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023.

OSN itu sendiri merupakan suatu kompetisi yang diselenggarakan oleh BPTI sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan talenta dan prestasi peserta didik jenjang SD/sederajat di bidang sains.

Sasaran seleksi OSN SD tahun 2023 yaitu peserta didik sekolah dasar yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten/kota (OSN-K), Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi (OSN-P) dan Olimpiade Sains Nasional tingkat nasional.

Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi (OSN-P) akan dilaksanakan secara daring di sekolah atau tempat yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan setempat. Melansir surat pemberitahuan pelaksanaan OSN-K dan OSN-P jenjang SD SMP tahun 2023, jadwal pelaksanaan OSN-P akan diselenggarakan pada 19-20 Juni 2023.

Salah satu bidang yang akan dilombakan dalam OSN-P 2023 yaitu IPA. Dikutip dari silabus KSN SD bidang IPA, terdapat beberapa materi dalam OSN IPA 2023 diantaranya seperti keterampilan dan metode ilmiah, keanekaragaman hayati dan pengklasifikasian makhluk hidup, proses dan mekanisme yang terjadi pada makhluk hidup, ekologi lingkungan dan pelestarian sumber daya alam, dan masih banyak lagi.

Contoh Soal OSN IPA SD 2023 dan Kunci Jawabannya

Berikut contoh Soal OSN IPA SD 2023 beserta jawabannya.

Soal Pilihan Ganda dan Jawaban untuk OSN SD

1. Udara yang telah masuk ke rongga hidung dan dapat diteruskan ke batang tenggorokan. Pada batang tenggorokan telah tersusun atas tulang-tulang rawan yang kemudian bercabang dua. Cabang batang tenggorokan tersebut bisa juga disebut ….

a. Bronkus

b. Trakea

c. Pupil

d. Pleura

Jawaban : A

2. Kemampuan kelelawar dapat mengetahui pada lingkungan sekitarnya dengan menggunakan system sonar. Dapat dikenal dengan istilah apa kemampuan yang dimiliki oleh kelelawar tersebut ....

a. Ekolokasi

b. Mimikri

c. Adaptasi

d. Habitat

Jawaban : A

3. Bunyi dapat dihasilkan dari sebuah benda yang bergetar. Benda tersebut dapat disebut ….

a. Alat bunyi

b. Rambatan Bunyi

c. Pantulan bunyi

d. Sumber Bunyi

Jawaban : D

4. Tata surya yaitu bagian di alam semesta yang sangat luas. Tata surya juga terletak di dalam satu galaksi yang dapat disebut Bimasakti. Galaksi Bimasakti dapat juga disebut ….

a. Sky high

b. Milky way

c. Sky way

d. Univers

Jawaban : B

5. Sebuah cahaya merambat lurus akan menyebabkan terbentuknya bayangan dari benda yang telah terkena cahaya. Pembentukan cahaya dapat dimanfaatkan untuk membuat kamera. Kamera adalah alat yang dapat digunakan untuk …

a. Mencetak

b. Menggali

c. Mengungkit

d. Memotret

Jawaban : D

6. Benda bening merupakan benda yang dapat meneruskan sebagian besar cahaya yang dapat diterimanya. Oleh karena itu, air yang jernih termasuk benda bening. Selain benda bening terdapat pula benda yang tidak dapat ditembus oleh cahaya. Benda yang tidak dapat ditembus oleh cahaya dapat dinamakan ….

a. Bercahaya

b. Gelap

c. Kaca

d. Air

Jawaban : B

7. Mobil sedang bergerak dengan kelajuan 10 m/s. Oleh karena itu, waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak 30 km tersebut adalah ….

a. 30 sekon

b. 300 sekon

c. 3000 sekon

d. 30.000 sekon

Jawaban : C

8. Terdapat 100 ml sebuah alkohol sedang dilarutkan ke dalam 200 ml air. Berapakah kadar alkohol dalam larutan alkohol tersebut ….

a. 25%

b. 33,33%

c. 50%

d. 75%

Jawaban : B

9. Sebutkan berapa kalor yang ingin diperlukan untuk melebur 5 kg alumunium, jika alumunium 403.000 J/kg adalah ….

a. 215.000 J

b. 2.015.000 J

c. 20.150.000 J

d. 201.500.000 J

Jawaban : B

10. Pada kumpulan komponen hidup yaitu meliputi produsen, konsumen, dan pengurai. Sementara itu, komponen tak hidup dapat berupa benda-benda yang tak hidup. Hubungan timbal balik antara komponen hidup dan tak hidup tersebut adalah ….

a. Ekosistem

b. Adaptasi

c. Habitat

d. Komunitas

Jawaban : A

11. Ada sebuah kuda dan jerapah merupakan contoh hewan pemakan tumbuhan. Kuda dan jerapah

pemakan dedaunan. Hewan pemakan tumbuhan dapat dinamakan ….

a. Karnivora

b. Klorofil

c. Herbivora

d. Omnivora

Jawaban : C

12. Sebuah planet-planet sedang beredar mengelilingi Matahari. Planet-planet tersebut beredar dalam satu lintasan planet yang dapat dinamakan orbit yang berbentuk elips. Peredaran planet-planet yang sedang mengelilingi matahari tersebut disebut ….

a. Revolusi matahari

b. Revolusi bulan

c. Revolusi planet

d. Revolusi bumi

Jawaban : C

13. Pelapukan merupakan hancurnya batuan dari gumpalan atau ukuran besar menjadi batuan yang lebih kecil, sampai bisa menjadi sangat halus (menjadi tanah). Pelapukan akan terjadi akibat adanya ….

a. Eksogen

b. Endogen

c. Korosis

d. Erosi

Jawaban : A

14. Pada saat keluarnya sel telur (ovum) dari indung telur (ovarium) yang tidak dapat dibuahi bersama pada lapisan dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah dinamakan ….

a. Menstruasi

b. Luka dalam

c. Pembuahan

d. Pendarahan

Jawaban : A

15. Tumbuhan bisa berguna sebagai pembersih udara yang kotor, serta bisa juga mengurangi pencemaran udara karena tumbuhan memiliki kandungan ….

a. Karbondioksida

b. Hidrogen

c. Oksigen

d. Nitrogen

Jawaban : C

16. Pada seekor hewan dan tumbuhan akan terjadi peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu. Peristiwa tersebut dapat dinamakan ….

a. Urutan makanan

b. Jaring makanan

c. Rantai makanan

d. Ekosistem

Jawaban : C

17. Kadar pengotor dalam bijih besi adalah 10%. Jika banyaknya bijih besi murni dalam tersebut yaitu 500, maka gram bijih besi tersebut adalah ….

a. 0,45 gram

b. 4,5 gram

c. 45 gram

d. 450 gram

Jawaban : D

18. Seorang pelari sprint memiliki kelajuan 8,33 m/s. Berapakah jarak yang sedang ditempuh pelari tersebut jika waktu tempuhnya 12 sekon ….

a. 999,6 meter

b. 99,96 meter

c. 99,6 meter

d. 9,96 meter

Jawaban : B

19. Sebuah motor dari kota C ke kota D sedang bergerak selama satu jam. Jarak dari kota C ke D adalah 60 km. Berapakah kelajuan motor tersebut ….

a. 36.000 m/s

b. 360.000 m/s

c. 3.600.000 m/s

d. 36.000.000 m/s

Jawaban : C

20. Ada gas berbahaya yang dapat dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna yaitu gas karbon monoksida. Bagaimanakah penulisan rumus kimia karbon monoksida ….

a. CO

b. CO2

c. C2O

d. CO3

Jawaban : A

Soal Essay dan Jawaban untuk OSN SD

1. Adaptasi bisa dibedakan menjadi 3, yaitu adaptasi morfologi, fisiologi, dan tingkah laku. Apakah yang dimaksud dengan adaptasi morfologi ? Sebutkan contohnya ?

Jawaban : Adaptasi Morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Contohnya : kaki berselaput pada seekor bebek dan antena pada seekor semut.

2. Burung elang memiliki paruh yang tajam dan bengkok. Apakah fungsi dari paruh burung elang tersebut ?

Jawaban : Paruh burung elang memiliki fungsi untuk mencabik-cabik mangsanya.

3. Sebutkan bagian-bagian pada bunga !

Jawaban : Dasar Bunga, Kelopak Bunga, Mahkota Bunga, Putik, Benang Sari

4. Di dalam sebuah paru-paru bronkus bercabang-cabang lagi. Cabang tersebut bisa disebut ?

Jawaban : Bronkiolus

5. Sprint runners have a speed of 6 m / s. How many distance runners if the journey time 15 second?

Jawaban :

Diketahui :

- v = 6 m/s

- t = 15 s

Ditanya : s =...?

Jawab :

v = s/t

s = v.t

s = 6 m/s x 15 s

s = 90 meter