News - Contoh soal ANBK 2023 dibutuhkan bagi siswa SMA kelas 11 yang akan mengikuti ujian asesmen.

Terdapat sejumlah materi yang diujikandalam ANBK tingkat SMA salah satunya literasi dan numerasi atau AKM Literasidan Numerasi.

ANBK sendiri merupakan akronim dari Asesmen NasionalBerbasis Komputer yang digunakan sebagai pengganti Ujian Nasional. BerdasarkanANBK Kemdikbud, disebutkan bahwa ANBK atau Asesmen Nasional digagas sebagai evaluasiyang memotret input, proses dan output pembelajaran di satuanpendidikan.

Terdapat 3 instrumen yang mendukung pelaksanaan ANBK, antaralain Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei LingkunganBelajar.

ANBK tidak diikuti oleh semua siswa di tiap kelas. Siswa yang mengikuti ANBK meliputi kelas 5 SD/MI, kelas 8SMP/MTs, dan kelas 11 untuk jenjang SMA/SMK/MA/MAK atau yang sederajat. Peserta yang mengikuti program ini juga dipilih secara acak, untuk jenjang SMA maksimaldiikuti oleh 45 siswa.

ANBK 2023 untuk jenjang pendidikan SMA oleh siswa kelas 11akan dilaksanakan pada 28-31 Agustus 2023. Menjelang asesmen, peserta didikdapat mengukur pemahaman materi AKM Literasi dan Numerasi dengan mengerjakansoal latihan sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditentukan.