News - Contoh SK Panitia Matsama 2024 termasuk salah satu perangkat yang perlu disiapkan jelang pelaksanaan kegiatan. Format dan link unduh bisa disimak melalui artikel ini.

Surat Keputusan (SK) Panitia Matsama 2024 dibentuk dan disahkan Kepala Madrasah. Oleh karena itu, madrasah perlu mengetahui contoh SK panitia, format, dan link unduh.

Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) adalah masa orientasi yang digelar secara rutin pada awal tahun ajaran baru. Kegiatan ini mirip Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang berguna untuk mengenalkan lingkungan madrasah kepada para siswa.

Memasuki lingkungan baru tentu membutuhkan proses adaptasi. Matsama digelar dalam rangka membantu siswa menyesuaikan diri. Siswa bisa mengenal lingkungan madrasah, baik terkait sejarah, fasilitas, tata tertib, dewan guru, maupun program belajar.

Matsama juga bertujuan sebagai sarana edukasi menanamkan nilai-nilai dan budaya positif madrasah. Peserta didik nantinya diharapkan tak hanya mampu mengenal dan cepat adaptasi, tapi juga menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab, disiplin, dan mandiri.

Demi mencapai tujuan Matsama, madrasah tentunya perlu membentuk panitia yang bertugas menyusun dan mengisi berbagai kegiatan. Sesuai Pedoman Pelaksanaan Matsama Tahun Ajaran 2024/2025, panitia wajib berasal dari jajaran tenaga pendidik/kependidikan dan dilarang melibatkan siswa senior maupun alumni.

Jika jumlah guru dan tenaga kependidikan terbatas, acara Matsama boleh melibatkan siswa sebagai panitia dengan syarat berikut:

  • Siswa calon panitia adalah pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM), dan/atau pengurus Majelis Perwakilan Kelas (MPK) atau sejenisnya, dan/atau siswa yang memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan, dibuktikan dengan keikutsertaan dalam berbagai kegiatan positif di dalam dan luar madrasah.
  • Siswa tidak memiliki sifat-sifat buruk dan/atau riwayat sebagai pelaku kekerasan, pelecehan, perokok, dan terlibat NAPZA.