News - Body email yang menarik adalah hal yang penting untuk diisi ketika akan mengirim lamaran kerja kepada tim rekrutmen perusahaan atau instansi.

Di era internet ini, melamar kerja menjadi lebih mudah dan cepat, pelamar hanya perlu mengirimkan lamaran kerja melalui email.

Tidak perlu lagi melakukan cara konvensional dengan mengirimkan berkas fisik lamaran dibungkus map dan amplop besar.

Namun, meski tidak mengharuskan memakai map dan amplop besar lagi, salah satu hal yang menjadi penilaian awal bagi para rekrutmen terhadap pelamar adalah body email.

Body email merupakan kata pengantar berkas lamaran yang dikirim melalui email. Ini merupakan rangkaian kata awal yang akan dilihat dan dibaca oleh tim rekrutmen sebelum membuka dokumen lamaran.

Oleh karena itu, body email yang baik dan menarik menjadi penting agar tim rekrutmen tertarik untuk mempertimbangkan lamaran yang dikirim.

Cara Membuat Body Email Lamaran Kerja yang Menarik

Hal utama yang harus diperhatikan saat membuat body email di lamaran kerja adalah menggunakan bahasa formal yang baik dan benar. Hindari menggunakan kata-kata yang bertele-tele, gunakan kata-kata yang singkat, padat, dan jelas.

Isi dari body email biasanya terdiri dari beberapa bagian yang disusun secara berurutan membentuk sebuah teks surat yang diawali dengan subject email, salam pembuka, perkenalan diri dan posisi yang diminati, pengalaman dan keterampilan, penutup, dan kontak.

Pada bagian subject email biasanya perusahaan atau instansi sudah menentukan format pada pengumuman lowongan kerja.

Kemudian, salam pembuka berisi perkenalan nama dan pendidikan singkat, informasi mengenai lowongan kerja, posisi yang diminati sesuai lowongan kerja.

Selanjutnya, berikan informasi singkat mengenai pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar, sebagai highlight karir untuk bahan pertimbangan.

Lalu, pada bagian penutup berikan informasi berkas apa saja yang menjadi lampiran, serta tutup dengan harapan dapat melaju ke proses rekrutmen selanjutnya. Terakhir, bubuhkan nama lengkap dan nomor kontak.

Sebelum mengirim email, cek kembali dengan cara membacanya, pastikan tidak ada kesalahan pengetikan, kata yang janggal atau hal-hal yang tidak berkenan lainnya.

Contoh Body Email Lamaran Kerja yang Benar dan Menarik

Kepada Yth

Ibu. Tina Tini

HRD Arah Rakyat

Dengan hormat.

Perkenalkan nama saya Dita Nusa, lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Bangsa. Berdasarkan informasi dari lowongan pekerjaan di LinkedIn pada tanggal 22 Juli 2023 bahwa Arah Rakyat sedang membutuhkan karyawan untuk menempati posisi content writer. Dengan email ini saya bermaksud untuk mengisi posisi tersebut.

Selama dua tahun terakhir, saya memiliki pengalaman sebagai news writer di media online Mata Naga. Dalam pengalaman tersebut, saya telah menghasilkan lebih dari 1.500 artikel dengan tema yang beragam mulai dari nasional, internasional, perempuan, gaya hidup, politik, hingga kesehatan.

Saat ini saya dalam keadaan sehat baik jasmani maupun rohani untuk bekerja. Saya melampirkan satu bundle berkas sebagai bahan pertimbangan Ibu, sebagai berikut :

  • Curriculum Vitae (CV)
  • Cover letter
  • Portofolio
  • Ijazah Terakhir
  • Transkrip Nilai
Besar harapan saya dapat mengikuti tes ataupun wawancara selanjutnya agar dapat menjelaskan lebih detail kemampuan serta kompetensi yang saya miliki. Saya dengan senang hati jika diberikan kesempatan untuk dapat bergabung dengan Arah Rakyat yang Ibu pimpin. Demikian, atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Best Regards,

[Nama lengkap]

[Nomor Kontak]