News - Cacingan pada orang dewasa sering kali tidak disadari karena gejala yang muncul tidak selalu spesifik. Kendati demikian, bukan berarti tidak ada sama sekali gejala yang bisa diperhatikan untuk mengetahui ciri-ciri cacingan pada orang dewasa.

Selain tidak selalu spesifik, gejala cacingan pada orang dewasa cenderung berbeda-beda, bergantung pada jenisnya. Cara penularannya pun berlainan.

Beberapa jenis cacingan pada orang dewasa yang sering terjadi di antaranya termasuk cacing gelang, cacing kremi, cacing tambang, dan cacing pita.

Lalu, bagaimana cara mengatasi cacingan orang dewasa? Terkait hal itu, lebih dulu Anda mesti memahami penyebab cacingan dan ciri-cirinya. Artikel berikut akan membahas ciri-ciri cacingan pada orang dewasa dan cara mengatasinya.

Penyebab Cacingan pada Orang Dewasa

Penyebab cacingan pada orang dewasa merupakan masalah kesehatan yang tak boleh diabaikan. Infeksi ini dapat disebabkan oleh berbagai jenis cacing, seperti cacing tambang, cacing kremi, cacing pita, dan cacing gelang.

Penularan cacingan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan parasit, konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi, atau tinggal di lingkungan bersanitasi buruk. Faktor risiko utama cacingan pada orang dewasa di antaranya termasuk:

  • Konsumsi makanan yang tidak matang atau tidak higienis, seperti daging mentah, ikan mentah, atau sayuran yang tidak dicuci bersih, dapat menjadi sumber infeksi cacing.
  • Minum air yang terkontaminasi atau tidak aman juga dapat menyebabkan infeksi cacing.
  • Kurangnya kebiasaan mencuci tangan dengan sabun, terutama setelah menggunakan toilet, sebelum makan, atau setelah berinteraksi dengan hewan peliharaan, dapat memungkinkan parasit masuk ke dalam tubuh.
  • Tinggal di daerah dengan sanitasi yang buruk atau memiliki paparan tinggi terhadap hewan ternak dapat meningkatkan risiko cacingan.