News - Viral di media sosial seorang HRD PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Tengah (Sulteng), tertangkap kamera marahi pegawai merokok. Kasus ini menjadi ramai usai beredar kabar bahwa HRD dipecat.

Berdasarkan video yang beredar, HRD yang bernama Zein Isa Krisna memarahi calon karyawan bernama I Made Diana. Aksi HRD PT IMIP dan calon karyawan tersebut menuai pro kontra di kalangan warganet.

Sejumlah warganet mengkritik tindakan HRD karena memarahi calon pekerja dengan memaki ‘sampah’ dan menyebutnya tidak layak bekerja di PT IMIP. Menurut para netizen, HRD yang seharusnya membangun tempat kerja yang nyaman tidak seharusnya melakukan hal demikian.

Ada pula yang berkomentar bahwa respons HRD tersebut berlebihan, sebab ada banyak masalah di PT IMIP yang lebih serius dari pada rokok. Di sisi lain, tak sedikit warganet yang mendukung aksi HRD yang menindak tegas calon karyawan yang merokok.

Hal ini dikarenakan area kerja PT IMIP rawan kecelakaan kerja terkait kebakaran dan ledakan. Dilansir dari Antaranews, PT IMIP punya riwayat mengalami ledakan dan kebakaran yang menyebabkan puluhan korban luka dan tewas pada Desember 2023.

Insiden itu kembali terulang di tahun ini. Kecelakan kerja berupa ledakan tungku smelter feronikel di kawasan PT IMIP, terjadi pada Kamis (13/6/2024) pukul 22.00 WITA. Kecelakaan itu menyebabkan dua pegawai terluka.