News - Catatan wali kelas merupakan salah satu komponen penting yang ada dalam rapor hasil belajar siswa.

Rapor Kurikulum Merdeka tidak hanya berisi nilai ujian yang berupa angka, melainkan juga catatan kualitatif mengenai perkembangan siswa selama satu semester. Hal demikian berlaku untuk semua jenjang, termasuk Sekolah Dasar (SD).

Adapun catatan wali kelas biasanya berisi kesimpulan singkat dan saran untuk orang tua mengenai perkembangan siswa selama di sekolah. Guru bisa membuat catatan wali kelas yang Islami sebagai alternatif untuk memotivasi siswa.

Contoh Catatan Wali Kelas yang Islami untuk Anak SD Semester 1 dan 2

Catatan wali kelas yang Islami tidak harus berkaitan dengan ibadah. Kolom saran dan kesimpulan tersebut bisa berisi catatan umum terkait akhlak yang kemudian diselipkan makna islami.

Sebagai referensi, berikut akan disajikan contoh catatan wali kelas yang Islami untuk anak SD semester 1 dan semester 2. Kumpulan contoh di bawah ini bisa dipakai untuk siswa kelas 1 sampai 6.

A. Catatan Wali Kelas yang Memotivasi Islami Semester 1

Berikut kumpulan contoh catatan wali kelas yang islami untuk anak SD semester 1.

1. "Selamat Ananda mendapatkan nilai yang cukup bagus di kelas. Tetap rendah hati kepada semua orang. Allah berfirman dalam Surah Al-Hijr ayat 15, 'Dan berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman.'"

2. "Nilai rapor Ananda memiliki rata-rata 90. Tetap istikamah dalam belajar untuk mempertahankan prestasi. Para ulama mengatakan, "istikamah lebih utama daripada seribu karamah".

3. "Nilai Ananda sudah baik, kendati belum masuk 10 besar. Tetap semangat dalam belajar dan jangan putus asa. Allah berfirman dalam surah Az-Zumar ayat 53, 'Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah.'"

4. "Mungkin hasil nilai rapor Ananda belum memuaskan kali ini. Kendati demikian, Ananda pasti dapat mengejar di semester berikutnya asalkan mau belajar dengan giat. Allah Swt. Dalam sebuah hadis dikatakan, 'Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas [patah semangat].'" (HR. Muslim no. 2664).

5. "Salah satu tempat mencapai keberhasilan adalah sekolah. Oleh sebab itu, jangan sampai absenmu banyak yang kosong. Dalam sebuah hadis disebutkan, 'Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim.'"

6. "Ananda secara umum mengalami peningkatan dalam bidang akademik. Pertahankan keberhasilan Ananda serta tingkat belajarnya. Allah Swt. berfirman dalam Surah Al-Mujadalah ayat 11, 'Dan Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang berilmu pengetahuan beberapa derajat.'"

7. "Ananda sebenarnya memiliki potensi kecerdasan yang tinggi. Namun untuk mendapatkan kecerdasan tersebut, Ananda harus rajin belajar dengan gigih. Dalam sebuah hadis dikatakan, 'Bepergian ketika pagi dan sore guna menuntut ilmu adalah lebih utama daripada berjihad fi sabilillah.'"

8. "Selama menjalani pembelajaran semester 1, siswa bersangkutan cukup aktif dalam mengembangkan keterampilan sosialnya, seperti kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, dan empati. Kemampuannya dalam berinteraksi secara positif dengan orang lain mencerminkan nilai-nilai kepemimpinan yang diajarkan dalam Islam."

9. "Ananda memiliki sikap terbuka dan menerima terhadap perbedaan pendapat dan latar belakang budaya. Sikapnya yang inklusif mencerminkan ajaran Islam tentang pentingnya menghargai keragaman dalam masyarakat."

10. "Di sekolah, selama periode semester 1 ini, ananda menunjukkan ketekunan yang tinggi dalam meningkatkan prestasi akademisnya. Semangatnya dalam belajar dan terus mencari ilmu mencerminkan nilai-nilai kejujuran dan kerja keras dalam Islam."