News - Ketika melakukan telekonferensi atau rapat virtual via Zoom, adakalanya setiap orang yang hadir diharuskan untuk membuka kameranya. Namun, hal ini akan menjadi masalah jika seseorang kebetulan sedang tidak di tempat yang kondusif.

Jika seseorang berada di lokasi yang ramai, latar belakang yang tampak di layar akan cukup mengganggu peserta telekonferensi yang lain. Lantas, bagaimana cara mengganti background Zoom?

Cara membuat background Zoom bisa dilakukan di semua perangkat, baik laptop maupun HP (handphone). Bahkan, di aplikasi Zoom, Anda bisa mengubah latar belakang layar tanpa menggunakan layar hijau (green screen).

Tidak hanya itu, Zoom juga memfasilitasi pengguna yang ingin berimprovisasi dengan latar belakang layar berupa video pendek. Namun, sebelum mempraktikkan cara mengganti background Zoom, Anda mesti mencermati syarat dan spesifikasi gambar juga video yang akan digunakan.

Cara Mengganti Background Zoom di Komputer dan Laptop

Berikut cara mengganti background Zoom di komputer, baik Windows maupun macOS.

  1. Masuk ke aplikasi desktop Zoom.
  2. Klik gambar profil Anda.
  3. Klik menu "Pengaturan".
  4. Pilih menu "Latar Belakang & Filter". Jika Anda tidak memiliki tab "Latar Belakang Virtual" dan telah mengaktifkannya di portal web, keluar dari klien desktop Zoom lebih dulu, kemudian masuk lagi.
  5. Cek menu "Saya memiliki layar hijau" jika Anda telah menyiapkan layar hijau fisik. Anda dapat mengklik video untuk memilih warna yang tepat untuk green screen.
  6. Klik gambar atau video untuk memilih latar belakang virtual yang diinginkan.
  7. Tambahkan gambar Anda sendiri dengan mengklik simbol "+" dan memilih apakah Anda ingin mengunggah gambar atau video tersebut.
  8. Jika diminta, klik "Unduh" untuk mengunduh paket latar belakang virtual tanpa green screen.

Cara Mengganti Background Zoom di HP

Berikut cara membuat background Zoom di HP, baik Android maupun iOS.

  1. Masuk ke aplikasi seluler Zoom.
  2. Saat berada dalam rapat Zoom, ketuk "Lainnya" di kontrol.
  3. Ketuk "Latar Belakang dan Efek".
  4. Ketuk latar belakang yang ingin Anda terapkan atau ketuk simbol "+" untuk mengunggah gambar baru. Latar belakang akan diterapkan secara otomatis.
  5. Klik "Tutup" setelah memilih latar belakang untuk kembali ke rapat.
  6. Sebagai catatan, saat Anda memilih opsi, latar belakang virtual tersebut akan diterapkan di rapat Anda berikutnya secara otomatis. Untuk menonaktifkannya, buka opsi latar belakang virtual, kemudian pilih opsi "None".

Cara Mengganti Background Zoom di Web

Beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan Zoom melalui web alih-alih mengunduh aplikasi tetap di perangkatnya. Fitur yang tersedia tentu lebih terbatas dibanding aplikasi. Namun demikian, bukan berarti cara membuat background Zoom tidak bisa dilakukan,

Berikut cara mengganti background Zoom di web.

  1. Mulailah rapat atau telekonferensi melalui web Zoom.
  2. Di toolbar, klik tombol "Pengaturan".
  3. Klik tab "Latar Belakang".
  4. Pilih kotak centang "Latar Belakang Virtual" untuk mengaktifkan.
  5. Klik pada gambar untuk memilih latar belakang virtual yang Anda inginkan.
  6. Anda bisa menambahkan gambar milik pribadi dengan mengklik simbol "+", kemudian pilih gambar yang diinginkan.