News - Apakah Anda pernah meninggalkan sepeda motor listrik lebih dari satu bulan? Bagaimana cara menyalakan motor listrik jika kondisinya lama tidak digunakan? Masalah tersebut akan dikulik dalam artikel ini.

Pasti Anda pernah merasa kesulitan untuk menyalakan mesin sepeda motor listrik jika lama tidak dipakai. Sama saja seperti sepeda motor konvensional yang perlu dipanaskan dahulu jika sudah tidak dipakai lebih dari sepekan.

Dalam hal merawat motor listrik, Anda juga perlu memperlakukannya dengan baik karena komponen yang ada di dalamnya pun butuh perlakuan khusus.

Walau kadang dianggap sepele karena tidak setangguh sepeda motor yang memakai bahan bakar minyak, namun motor listrik tidak boleh diremehkan dalam hal perawatan.

Perbedaannya adalah, sepeda motor listrik sepenuhnya mengandalkan arus listrik dari batre sebagai tenaga penggerak mesinnya. Jadi jika lama tidak dipergunakan maka ada potensi terjadi malfungsi elektrik di beberapa komponen.

Cara Menyalakan Motor Listrik Setelah Disimpan Lama

Untuk merawat sepeda motor listrik, maka pastikan tidak terjadi malfungsi pada komponen-komponenya. Malfungsi yang kerap disebut sebagai electrical buildup atau penumpukan tegangan itu membuat mesin motor tidak bisa menyala atau tersendat saat berjalan.

Electrical build up terjadi jika batre sepeda listrik lama tidak dipergunakan namun masih memiliki arus listrik atau masih dialiri arus listrik. Efeknya terjadi penumpukan tegangan yang tidak wajar.

Pemilik akan merasakan efek dari electrical build up ketika sedang mengendarai sepeda motornya. Akan terjadi throttle delay atau tarikan yang seret ketika sepeda motor dinyalakan, serta dipergunakan.

Walau kondisi ini tidak terlalu berbahaya bagi pengendara, akan tetapi tentu dapat mengurangi rasa nyaman. Apalagi jika sampai mogok dan tidak bisa dipergunakan.

Untuk mengatasi masalah batre sepeda motor listrik yang lama tidak dipergunakan dan mencegah penumpukan tegangan, maka cara mudahnya adalah dengan kembali mengisi baterai hingga penuh 100 persen.

Dengan mengisi batre yang ada pada sepeda motor listrik hingga 100 persen, maka dapat membantu memastikan arus di dalamnya akan mengalir dengan normal.

Cara Merawat Motor Listrik

Bagi Anda pemilik sepeda motor listrik yang berencana meninggalkan kendaraan tersebut dalam waktu lama tanpa digunakan, maka cara untuk membuatnya tetap baik adalah dengan memutus daya listriknya.

Memutus daya listrik sepeda motor listrik adalah dengan melepas miniature circuit breaker (MCB). Ini merupakan komponen yang bentuknya serupa saklar dan terletak di bagian yang dekat dengan batre sepeda listrik. Pastikan Anda membersihkan lebih dahulu MCB tersebut sebelum memasangnya kembali.