News - Baterai iPhone akan turun performanya seiring dengan penggunaan perangkat. Kesehatan baterai atau battery health di iPhone bisa dilakukan pengecekan. Bagaimana cara cek battery health iPhone?

Battery health merupakan salah satu fitur yang dimiliki iPhone. Saat pengguna mengaksesnya, informasi apa pun terkait baterai yang sedang digunakan akan muncul di layar. Di dalamnya termasuk informasi tentang performa dan daya tahan baterai sehingga pengguna bisa mengetahui fungsinya masih baik atau sudah turun.

Penurunan kemampuan baterai dalam menyimpan energi turut dipicu oleh siklus pengisian dan pengosongan baterai. Pada baterai baru, pengecekan battery health akan menunjukkan kapasitasnya mendekati 100 persen. Ada pun baterai lama umumnya sudah menurun banyak dan jika sudah drop perlu dilakukan penggantian dengan baterai baru.

Penyebab Baterai iPhone Boros

Baterai iPhone bisa menurun kemampuannya kapan pun sehingga membuat penggunaannya terasa boros. Pemicunya cukup beragam. Dalam kondisi normal, penurunan kemampuan baterai yang berujung boros pemakaian terjadi secara perlahan.

Meski demikian, penggunaan baterai iPhone juga bisa boros karena banyak sebab. Penurunan performa baterai bukan satu-satunya pemicu. Penggunaan aplikasi iPhone tertentu juga bisa menyedot energi baterai cukup banyak.

Berikut berbagai penyebab baterai iPhone boros:

  • Pengaktivan email push untuk menerima pesan surel baru
  • Penggunaan layanan lokasi yang diatur setiap saat.
  • Banyak aplikasi yang berjalan di balik latar.
  • Terlalu banyak notifikasi aplikasi yang diizinkan oleh sistem.
  • Penggunaan widget yang cukup banyak.
  • Penggunaan efek visual seperti video untuk wallpaper
  • Penyegaran aplikasi di latar diaktifkan
  • Kualitas baterai yang menurun.

Cara Menjaga Battery Health iPhone

Battery health bisa dijaga performanya agar baterai iPhone awet. Dengan begitu, baterai iPhone tidak terlalu cepat penurunan kualitasnya. Penggunaannya masih bisa berlangsung dalam waktu lama.

Cara menjaga battery health iPhone di antaranya sebagai berikut:

1. Jauhkan iPhone dari suhu tinggi

Suhu tinggi adalah musuh bagi baterai hp apa pun, termasuk iPhone. Suhu perangkat dan lingkungan yang meningkat lebih dari 35 derajat celcius mampu membuat kerusakan pada kapasitas baterai secara permanen. Selain dari penggunaan yang terlalu lama, panas berlebih pada iPhone dapat muncul karena pengisian daya terlalu lama dari waktunya cabut kabel.

2. Lakukan pembaruan perangkat lunak

Jika Apple merilis iOS terbaru dan perangkat sudah mendukung, sebaiknya segera lakukan pembaruan. Biasanya pembaruan perangkat lunak diikuti dengan perbaikan pada fitur battery health. Pada iOS 13, misalnya, Apple akan menghentikan pengisian daya saat baterai sudah terisi 80 persen.

3. Gunakan charger asli saat mengisi daya

Charger asli iPhone bawaan pabrik merupakan piranti paling baik untuk melakukan pengisian daya. Charger non-orisinal bisa merusak kesehatan baterai iPhone. Pengguna bisa pula memakai charger yang berstatus Made for iPhone (MFI)) atas lisensi Apple untuk mencegah battery health menurun tajam.

4. Jangan gunakan casing sewaktu isi daya iPhone

Casing iPhone bisa memicu peningkatan suhu pada perangkat. Karet pelindung hp sebaiknya dilepas dahulu saat melakukan pengecasan.

5. Isi baterai maksimal separuhnya jika akan menyimpan iPhone dalam waktu lama

Perangkat iPhone yang tidak akan dipakai dalam waktu lama sebaiknya tidak diisi daya sampai penuh. Jika kapasitas baterai cukup penuh, penyimpanan jangka panjang bisa menurunkan performanya. Saran daya baterai yang tersimpan tidak lebih dari 50 persen dan sebaiknya disimpan pada suhu tidak lebih dari 32 derajat celcius.

6. Isi daya sebelum baterai benar-benar kosong

Segera isi daya baterai iPhone saat posisinya tersisa sekira 20 persen. Hindari baru mengisi daya ketika baterai sudah dalam keadaan kosong alias nol persen. Baterai bisa rusak permanen karena hal ini.

7. Perhatikan pemakaian aplikasi

Cara agar baterai iPhone tidak boros lainnya dengan memperhatikan aplikasi yang dipasang ke perangkat. Hindari terlalu banyak mengunduh aplikasi berat atau pun mengaktifkan fitur yang dapat menguras daya baterai. Aplikasi-aplikasi ini bisa membuat suhu perangkat naik dan daya baterai menurun banyak.

8. Hindari terlalu sering memakai powerbank

Gunakan powerbank untuk mengisi daya iPhone dalam keadaan darurat. Arus listrik yang masuk dari powerbank kadang tidak stabil dan memicu kerusakan baterai. Jika belum terlalu perlu memakai powerbank, isi daya menggunakan charger orisinal.

Cara Cek Battery Health iPhone

Battery health pada iPhone menjadi salah satu fitur tersendiri. Pengecekannya bisa dilakukan dengan panduan berikut:

  • Buka menu Pengaturan / Settings di iPhone
  • Gulir layar ke bawah dan ketuk opsi Baterai
  • Ketuk opsi Kesehatan Baterai / Battery Health
  • layar iPhone akan menampilkan informasi persentase kesehatan baterai hingga kapasitas maksimum penyimpanan daya baterai. Di sana ada pula informasi kondisi baterai terkait masih mampu mendukung kinerja optimal, atau tidak.