News - Chat GPT adalah singkatan dari Chat Generative Pre-Trained Transformer. Secara definisi, Chat GPT merupakan sebuah perangkat lunak yang dikembangkan berdasarkan kecerdasan buatan. Keluarannya memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Chat GPT dirilis oleh OpenAI. Itu adalah laboratorium penelitian tentang kecerdasan buatan asal negeri Abang Sam (AS) yang didirikan pada 2015. Penggagasnya ialah Sam Altman dan Elon Musk.

Pada akhir November 2022, OpenAI secara resmi mengumumkan versi prototipe dari chatbot AI terbaru mereka yang diberi nama Chat GPT. Chatbot ini dibuat berdasarkan GPT-3.5, sebuah model bahasa alami yang menggunakan proses pembelajaran deep learning.

Chat GPT Open AI langsung menggemparkan industri teknologi dan internet. Bagaimana tidak, platform ini mampu menjawab pertanyaan dengan respons dan cara yang mirip manusia.

Cara menggunakan Chat GPT sangat mudah. Pengguna tinggal mengajukan pertanyaan atau perintah melalui kolom chat layaknya manusia bertukar pesan singkat. Chat GPT dapat memberikan jawaban secara cepat dan lengkap.

Dengan kecerdasan seperti itu, banyak pengguna internet yang mencoba untuk memanfaatkan kecanggihan Chat GPT. Hal ini karena Chat GPT Open AI sangat membantu keseharian orang-orang dalam mencari jawaban atau dijadikan ‘teman’ diskusi.

Kegunaan Chat GPT

Kegunaan Chat GPT yang utama adalah menjawab pertanyaan pengguna. Bahkan, melalui teknologi kecerdasan buatan, Chat GPT yang saat ini dikembangkan, digadang-gadang punya keluaran yang presisi, detail, dan akurasi tinggi, untuk memberikan solusi bagi pengguna.

Kemampuannya dalam meramu jawaban turut didukung dengan kekuatan untuk menghasilkan teks pada berbagai gaya sesuai keperluan. Teks yang muncul mudah dipahami dan dimengerti. Pengetahuan luas dari Chat GPT menghasilkan teks menyerupai bahasa alami.

Contoh tugas yang dapat ditangani Chat GPT adalah menjawab pertanyaan, menulis salinan teks tertentu, membuat email, hingga ikut terlibat dalam percakapan. Chat GPT juga mampu menjelaskan kode dalam berbagai bahasa pemrograman, hingga menerjemahkan bahasa alami ke dalam kode. Kecerdasan Chat GPT tersebut hadir dari pendekatan RLHF. Chat GPT dapat memproses informasi secara cerdaks dan menyesuaikan perilakunya berdasarkan konteks serta situasi yang berbeda.

Selain kegunaan Chat GPT dalam menjawab tugas dan pertanyaan pengguna, ada beberapa keunggulan yang dipunyai, yakni:

  • Membantu pembuatan konten website
  • Membuat karya musik
  • Membantu coding
  • Menjawab berbagai pertanyaan

Cara Menggunakan Chat GPT

Chat GPT dapat dipakai di berbagai perangkat elektronik, seperti laptop, gawai pintar (HP/Hand Phone), dan Personal Computer (PC). Masing-masing di antaranya punya cara penggunaannya masing-masing.

A. Cara menggunakan Chat GPT di HP

Chat GPT bisa Anda manfaatkan menggunakan perangkat HP. Kegunaan Chat GPT bisa Anda peroleh memakai aplikasi maupun situs web resminya. Berikut cara menggunakan Chat GPT di HP.

  1. Kunjungi situs Chat GP: #
  2. Login menggunakan akun yang Anda punya, bisa Google, Microsoft Account, maupun Apple Account.
  3. Jika berhasil login, Anda akan dibawa ke laman dasbor.
  4. Jika sudah masuk ke dasbor, Anda bisa langsung bertukar pesan dengan AI di situs Chat GPT.
  5. Halaman Chat GPT menggunakan bahasa Inggris, tetapi kolom pencariannya bisa menangkap pertanyaan atau perintah dalam bahasa Indonesia.
  6. Ketik pertanyaan pada kolom "send a message" di bawah tampilan layar, lalu simbol "kirim" layaknya aplikasi pesan singkat biasanya.
  7. Chat GPT Open AI juga bisa Anda unduh melalui Play Store atau Apps Store.
  8. Jika sudah terunduh dan ter-install, kegunaan Chat GPT dapat Anda peroleh secara lebih mudah.

B. Cara menggunakan Chat GPT di laptop

Selain menggunakan HP, kegunaan Chat GPT juga bisa Anda nikmati melalui laptop. Berikut tahapan cara menggunakan Chat GPT di laptop.

  1. Kunjungi situs Chat GP: #
  2. Login menggunakan akun yang Anda punya, bisa Google, Microsoft Account, maupun Apple Account.
  3. Jika berhasil login, Anda akan dibawa ke laman dasbor.
  4. Jika sudah masuk ke dasbor, Anda bisa langsung bertukar pesan dengan AI di situs Chat GPT.
  5. Halaman Chat GPT menggunakan bahasa Inggris, tetapi kolom pencariannya bisa menangkap pertanyaan atau perintah dalam bahasa Indonesia.
  6. Ketik pertanyaan pada kolom "send a message" di bawah tampilan layar, lalu simbol "kirim" layaknya aplikasi pesan singkat biasanya.
  7. Chat GPT akan langsung menjawab pertanyaan sesuai bahasa pengguna, misalnya bahasa Indonesia. Chat GTP Open AI kini sudah mendukung 94 bahasa lain, termasuk Bahasa Indonesia, Jawa, Perancis, Rusia, Italia, Portugis, hingga Bahasa Arab.

C. Cara menggunakan Chat GPT extension

Apabila dirasa terlalu ribet harus membuka situs Chat GPT Open AI setiap saat, Anda bisa menggunakan Chat GPT extension di peramban. Misalnya, melalui Google Chrome. Berikut cara menggunakan Chat GPT extension via Chrome:

  1. Buka Chrome Web Store.
  2. Cari di kolom pencarian dengan kata kunci "chat gpt extension".
  3. Anda akan menemukan Chat GPT yang disediakan oleh chataigpt.pro. Pilih itu.
  4. Kemudian, klik "Tambahkan ke Chrome".
  5. Chat GPT extension akan terinstal di Chrome milik Anda.
  6. Untuk mempermudah penggunaannya, Anda bisa mengklik pin pada extension Chat GPT tersebut.
  7. Selanjutnya, Anda cukup klik logo Chat GPT extension setiap kali hendak menggunakannya.
  8. Di layar laptop Anda akan secara otomatis muncul aplikasi Chat GPT.

Cara Kerja Chat GPT Open AI

Chat GPT dikembangkan oleh OpenAI menggunakan arsitektur GPT-3,5. Cara kerjanya didasarkan pada pembelajaran mesin yang disebut deep learning. Cara kerja Chat GPT Open AI mencakup beberapa tahapan, yakni:

  1. Memanfaatkan mayoritas data teks dari berbagai sumber di internet. Data tersebut termasuk berbagai topik, juga gaya penulisan.

  2. Dengan arsitektur GPT, Chat GPT punya 175 miliar parameter. Ini memungkinkannya memahami dan menghasilkan teks dengan tingkat kompleksitas tinggi. Maka, tidak perlu heran terkadang kalimat yang dihasilkan sangat bagus.

  3. Chat GPT dapat memahami konteks dari sejumlah kata yang dimasukkan pengguna dalam chat. Itu membuatnya memberikan tanggapan yang lebih relevan.

  4. Chat GPT Open AI menghasilkan teks sesuai informasi yang dipelajari sejak lama. Inilah yang membuat Chat GPT tak punya pengetahuan terkait peristiwa terkini.

  5. Chat GPT dapat beradaptasi dengan konteks pertanyaan yang diajukan. Hal ini termasuk hal-hal yang berkaitan dengan chat yang diinput sebelumnya.