News - Kamera HP tidak berfungsi merupakan salah satu permasalahan krusial mengingat media tersebut dapat merekam berbagai hal penting. Sebut misalnya ketika ingin mengabadikan momen, dokumen, foto diri, teman, dan sebagainya.

Apa yang menyebabkan kamera HP tidak berfungsi? Peristiwa ini dapat terjadi lantaran beberapa faktor, mulai dari kesalahan sistem (bug), tidak adanya izin penggunaan, hingga kerusakan fisik perangkat kamera atau lensanya.

Kamera belakang tidak berfungsi iphone berpotensi terjadi karena hal itu. Kemudian, kamera depan tidak berfungsi Xiaomi juga dapat menjadi permasalahan yang timbul akibat kesalahan dan kerusakan HP.

Berikut keterangan mengenai penyebab dan cara mengatasi kamera hp tidak bisa dipakai.

Penyebab Kamera HP Tidak Berfungsi

Sebagaimana dikutip dari Lifewire, permasalahan kamera hp tidak berfungsi mencakup tidak bisa dibuka, stuck (hang), dan berwarna hitam. Dua kasus pertama terjadi lantaran kesalahan sistem (bug) perangkat Anda.

Pada kasus penggunaan aplikasi pihak ketiga yang memakai kamera, misalnya Instagram, memerlukan izin akses kamera. Persetujuan yang belum dilakukan pengguna kerap menyebabkan kamera HP tidak berfungsi.

Ada pula pertanyaan kenapa kamera jadi hitam? Situasi ini bisa terjadi karena sejumlah sebab, misalnya kerusakan lensa kamera HP Anda. Kesalahan software atau perangkat lunak perangkat juga bisa menimbulkan hal ini, dikutip dari Make Us Of.

Kenapa kamera depan tidak bisa digunakan juga mencakup faktor penyebab yang sama. Kamera depan tidak berfungsi karena sistemnya serupa dengan kamera belakang, yakni memanfaatkan fitur aplikasi bawaan perangkat.

Cara Mengatasi Kamera HP Tidak Berfungsi

Bagaimana cara mengatasi kamera yang tidak bisa dibuka? Situasi ini dapat terjadi lantaran kesalahan sistem ataupun bug aplikasi.

Pengaplikasiannya beragam, mulai dari restart HP, update aplikasi, hingga pembaruan perangkat lunak telepon.

Sementara dalam kasus menghitamnya tampilan dapat segera diselesaikan dengan penggantian komponen lensa. Adapun kamera samsung tidak berfungsi atau perangkat merek lainnya dapat diatasi dengan cara berikut.

1. Tutup aplikasi dan buka kembali

Cara mengatasi kamera HP tidak berfungsi dalam poin ini terbilang cukup sederhana untuk dilakukan. Saat kamera tidak terbuka atau hang, segera tutup aplikasi tersebut dan coba untuk membukanya kembali.

Permasalahan ini bisa terjadi lantaran aplikasi kamera kurang mendapatkan ruang progres di dalam perangkat. Penutupan aplikasi lain juga disarankan agar kamera bisa menjalankan fungsinya secara sempurna.

2. Berikan akses penggunaan kamera

Pengaturan akses aplikasi bawaan HP sudah diizinkan sejak perangkat masih dalam setelan pabrik. Pengguna mungkin pernah mengubah setting-an tersebut, baik itu secara sengaja ataupun tidak disengaja.

Anda hanya perlu mencari menu setelan kamera di “Pengaturan” atau “Options”. Klik opsi perizinan akses kamera “While Using App” atau “Always Giving Access” agar dapat digunakan kembali.

3. Perbarui aplikasinya

Selain aplikasi yang diunduh melalui Google Play Store dan App Store, kamera yang sudah ada sejak awal harus diperbarui. Usang atau jadulnya aplikasi dapat menurunkan standar kinerja, terlebih jika OS HP sudah ter-update.

Pembaruan aplikasi yang memanfaatkan kamera juga perlu Anda lakukan untuk mempertahankan performanya. Sebut misalnya aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp, TikTok, Instagram, Facebook, dan X (Twitter).

4. Restart perangkat

Anda dapat melakukan restart (reboot) seandainya kamera HP tidak berfungsi. Tiap perangkat biasanya menyediakan tombol power di sebelah kanan atau kirinya.

Ketuk dan tahan tombol tersebut hingga muncul pilihan “Matikan” dan “Restart”. Saat kedua opsi itu timbul, ketuk “Restart”.

5. Menghilangkan cache atau kurangi penyimpanan

Menghapus cache aplikasi dapat melancarkan performa HP, Anda bisa membersihkan sampah tersebut melalui cara berikut.

  1. Buka “Pengaturan”;
  2. Klik “Aplikasi”;
  3. Pilih “Kamera”;
  4. Ketuk “Clear Cache” atau “Hapus Cache”.
Anda juga bisa menambah kinerja kamera HP lewat penghapusan data tertentu. Anda bisa memilih untuk menghapus dokumen, gambar, ataupun video, yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi.

6. Coba gunakan aplikasi pihak ketiga

Anda bukan hanya dapat mengakses penggunaan kamera lewat aplikasi bawaan pabriknya. Namun, bisa pula mengunduh aplikasi pihak ketiga yang menyediakan akses khusus untuk pengambilan foto dan video.

Terdapat banyak pilihan yang bisa Anda cari di Google Play Store maupun App Store. Sebut di antaranya VCSO, Pro HD Cam, Cymera, Footej Camera, dan lain-lain.

7. Matikan aplikasi pihak ketiga yang menggunakan kamera

Penggunaan kamera oleh beberapa aplikasi yang berbeda bisa menyebabkan kinerjanya terlalu berat. Pemakaian tersebut pun bisa berpotensi membuat aplikasi kamera stuck, hang, maupun tidak dapat dibuka.

Anda hanya perlu menutup aplikasi pihak ketiga yang menggunakan kamera. Khususnya untuk sejumlah aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang meskipun Anda tidak membukanya.

8. Update perangkat lunak atau operating system (OS)

Selain pembaruan aplikasi, update perangkat lunak HP juga perlu dilakukan untuk mendukung kinerja sistemnya. OS Android ataupun iOS iPhone yang sudah usang akan menurun performanya, terlebih untuk mengakses aplikasi baru.

Pengguna Android bisa mengakses pengaturan, kemudian mengetuk berurutan “Tentang Telepon”, “Versi MUI”, dan “Update OS”.

Sementara iOS diperbarui lewat pengaturan, lalu “Umum”, “Pembaruan Perangkat Lunak”, dan “Pembaruan Otomatis”.

9. Reset ke setelan pabrik

Opsi ini dapat membuat berbagai data di HP Anda terhapus. Oleh sebab itu, segera cadangkan terlebih dahulu agar dokumen penting yang terdapat di perangkat Anda tidak hilang.

Berikut ini cara untuk mengembalikan HP ke setelan pabrik Android.

  1. Buka “Pengaturan”;
  2. Pilih berurutan “Umum”, “Reset”, “Factory Data Reset”;
  3. Ketuk “Reset Device”;
  4. Ikuti arahan sesuai sistem masing-masing.
Adapun pengguna iPhone bisa mereset HP melalui cara berikut.

  1. Buka menu “Pengaturan”;
  2. Klik berurutan “Umum”, lalu “Transfer atau Atur Ulang iPhone”;
  3. Pilih “Atur Ulang”.
10. Servis HP

Seandainya berbagai cara mengatasi kamera hp tidak berfungsi di atas tidak menyelesaikan masalah, Anda bisa coba servis ke toko terdekat. Pada kasus lensa rusak misalnya, Anda tentu tidak dapat memperbaikinya secara mandiri.

Penetapan harga pergantian berbeda-beda tergantung masing-masing merek dan variannya. Selain itu, terdapat pula tambahan biaya servis yang mesti dibayarkan.