News - Tidak semua hp kemasukan air bisa bertahan hidup. Hp yang tidak dibekali fitur ketahanan terhadap air kemungkinan langsung mati saat air masuk ke dalam mesin. Apa yang harus dilakukan jika HP kemasukan air?

Tidak boleh gegabah memperlakukan hp masuk air mati total. Penanganan yang salah bisa membuat hp tidak bisa hidup lagi. Pertolongan pertama perlu dilakukan sebelum membawanya ke tempat servis jika diperlukan.

Biasanya saat terkena air ada beberapa bagian dari hp yang akan bermasalah. Saat hp kena air tapi masih hidup, mungkin yang terkendala pada speakernya. Oleh sebab itu, hp perlu dicek detail setiap bagiannya begitu kemasukan air.

Di sisi lain, ada pula hp yang dibekali fitur ketahanan air. Hp tersebut memiliki kode perlindungan terhadap masuknya air yang disebut IP (Ingress Protection). IP mengacu terhadap efektivitas perangkap pada intrusi padatan dan cairan.

Kode IP memiliki dua digit angka. Digit pertama menunjukkan perlindungan pada padatan seperti debut, lalu digit kedua terkait ketahanan pada cairan terutama air.

IP68, misalnya, menunjukkan hp terlindung dari debu, kotoran, dan pasir di level 6. Selanjutnya, hp memiliki perlindungan terhadap perendaman air sampai kedalaman satu meter di level 8.

Cara Mengatasi HP Android Terkena Air

Hp Android yang memiliki fitur perlindungan debu dan air umumnya ada di segmen kelas menengah dan atas. Hp low-end lebih rentan terhadap masalah kemasukan air. Dengan begitu, mesti ada perhatian ekstra saat hp tiba-tiba terkena air.

Berikut berbagai hal yang sebaiknya dilakukan ketika hp kemasukan air:

1. Matikan hp secepatnya

Saat hp kemasukan air tetap hidup, segera matikan. Setelah itu, hindari memencet tombol apa pun agar pergerakan air tidak meluas ke dalam komponen hp yang memicu kerusakan.

2. Lakukan pembersihan dan pengeringan

Prosesnya mungkin berbeda untuk hp berfitur tahan air dengan hp biasa. Pada hp Android dengan ketahanan air, hp bisa direndam di air keran yang tenang.

Ada pun hp biasa, pengeringan dengan aman lakukan pada bodi luar dan area yang bisa dijangkau memakai tisu atau lap menyerap air. Goyagkan lembut agar air menjauh dari port pengisian daya.

3. Masukkan ke dalam kotak berisi silika gel

Sifat silika gel adalah menyerap kelembaban. Setelah hp dikeringkan, penggunaan silika gel bisa menarik sisa-sisa air yang masih menempel. Dengan begitu, pengeringan lebih tuntas.

4. Jangan gunakan pemanas angin untuk mengeringkan

Heat gun atau alat pemanas angin tidak cocok untuk mengeringkan hp kemasukan air. Ada beberapa komponen hp yang sangat rentang dengan suhu panas seperti layar.

5. Jangan mencoba membongkar hp

Alih-alih membongkarnya, urusan hp kemasukan air sebaiknya diserahkan pada ahlinya di tempat servis. Kesalahan penanganan bisa membuat hp rusak lebih parah.

Cara Mengatasi HP iPhone Kemasukan Air

Cara mengatasi hp kemasukan air pada iPhone tidak jauh berbeda dengan Android. Pengguna harus melakukan beberapa langkah agar iPhone bisa diselamatkan.

Apakah bahaya jika hp kemasukan air? Semua perangkat elektronik memiliki risiko tinggi mengalami kerusakan jika terkena air. Hanya saja, setiap hp termasuk iPhone memiliki ketahanannya sendiri dalam menghalau kerusakan akibat kemasukan air.

Perangkat iPhone sendiri sudah memiliki fitur IP67 hingga IP68 dari sejak dirilisnya iPhone 7 Plus hingga rilisan terbaru. Oleh sebab itu, potensi kerusakan dapat diminimalkan saat kemasukan air.

Kendati demikian, jika memang iPhone kemasukan air sebaiknya tetap menerapkan cara mengatasi hp kemasukan air speaker dan komponen lain agar tetap berfungsi dengan langkah berikut:

1. Jangan hidupkan iPhone

Jika iPhone masuk ke dalam air, hindari untuk menyalakannya. Dalam keadaan basah dan dinyalakan, dapat membuat banyak kerusakan pada komponen. Tunggu sampai ponsel benar-benar kering untuk menyalakannya.

2. Hindari mengeringkan iPhone memakai angin panas

Terburu-buru mengeringkan hp kemasukan air memakai alat pemanas udara bisa berdampak buruk pada komponen iPhone. Salah satunya layar hp, sangat sensitif terhadap angin panas.

3. Lap bagian luar dan ambil kartu SIM

Air yang masih menempel di bodi hp dan masih bisa dijangkau sebaiknya segera dilap memakai tisu atau kain katun yang menyerap cairan.

Hal ini untuk meminimalkan kerusakan. Selain itu, kartu SIM juga perlu dikeluarkan agar tidak rusak. Setelah itu, letakkan iPhone pada tempat yang hangat dan kering untuk membantu proses penguapan kandungan air di dalam perangkat.

4. Tempatkan beras dan silika gel di sekitar iPhone

Berapa lama HP yang terkena air direndam di beras? Beras dan silika gel adalah alternatif untuk membantu mengeringkan hp, yaitu menggunakan silika gel. Butiran keduanya dengan cepat menyerap kelembaban yang ada di lingkungan sekitarnya.

5. Bawa ke tempat servis resmi

Setelah hp tampak kering, sebaiknya bawa ke tempat servis Apple untuk dilakukan pengecekan menyeluruh terhadap semua fungsi komponennya.

Teknisi lebih memahami bagian mana saja yang tetap aktif hingga komponen rusak dan perlu diganti.