News - Pemilik kulit berminyak perlu memahami cara memilih moisturizer yang tepat, sebab jenis kulit berminyak sangat rentan berjerawat. Moisturizer adalah produk perawatan kulit yang dirancang untuk menjaga kelembapan kulit.

Produk moisturizer biasanya berupa krim, lotion, atau gel. Moisturizer umumnya terbuat dari bahan-bahan yang dapat mengunci kelembapan ke dalam kulit, membantu mencegah kekeringan, serta membuat kulit terasa lembut dan halus.

Kulit berminyak tentu jauh dari masalah kulit kering, tetapi bukan berarti kulit berminyak tidak membutuhkan moisturizer. Pasalnya, minyak pada kulit tidak sama dengan hidrasi kulit. Kulit bisa saja berminyak dan dalam waktu yang bersamaan mengalami dehidrasi alias tidak lembab.

Oleh karena itu, penting mengetahui cara yang terbaik dalam memilih moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Cara Memilih Moisturizer untuk Kulit Berminyak

Memilih moisturizer yang cocok untuk kulit berminyak dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti mencermati label produk, kandungan, hingga teksturnya.

Berdasarkan artikel yang telah ditinjau oleh praktisi perawat keluarga bersertifikat, Luba Lee, FNP-BC, MS, berjudul How to Choose Moisturizer for Oily Skin dipublikasikan laman Wiki How, berikut tips memilih moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat:

1. Baca label

Kemasan moisturizer yang dirancang untuk kulit berminyak sering kali mejuat kata-kata kunci seperti berbahan dasar air, non-komedogenik (tidak menyumbat pori-pori), non-aknegenik (tidak menyebabkan jerawat), dan bebas minyak.

Namun, produk moisturizer bebas minyak yang tepat untuk kulit terkadang cukup sulit ditemukan. Sebab, dalam beberapa produk mungkin mengandung bahan lain yang dapat menyumbat pori-pori (seperti lilin) atau mengiritasi kulit (seperti alkohol).

2. Periksa kandungan bahan

Amati bahan-bahan yang tercantum di kemasan moisturizer sebelum membelinya. Orang dengan kulit berminyak harus waspada pada bahan-bahan yang mungkin membahayakan kulitnya.

Kemasan produk moisturizer berbahan dasar air biasanya memuat keterangan kata yang diakhiri dengan "-icone" (seperti silikon).