News - Bunga es di freezer kulkas termasuk salah satu hal yang cukup merepotkan pekerjaan rumah tangga, apalagi jika sudah menumpuk.

Pasalnya, keberadaan bunga es akan memakan tempat yang semestinya bisa untuk menyimpan makanan lain.

Membersihkan bunga es dari freezer juga dapat memakan waktu lama, yang bisa berakibat bahan-bahan makanan lainnya menjadi rusak.

Selain itu, bila salah membersihkan endapan es tersebut, maka dapat merusak lapisan antilengket yang ada di freezer.

Agar tak salah langkah dalam membersihkan, berikut ini cara membersihkan bunga es di freezer kulkas seperti dikutip laman Cooking Light:

1. Cabut aliran listrik kulkas.

Proses pembersihan bunga es dengan cara ini tidak akan memakan waktu lama, tetapi dibutuhkan kesabaran saat menunggu es mencair.

Setelah es mulai mencair, ambil bunga es yang menempel di freezer, biasanya setelah es cair, bunga es gampang dicabut dan diambil.

2. Bersihkan tempat bunga es batu.

Keluarkan rak tempat es batu yang ada di freezer agar tidak mengganggu proses pembersihan.

Gunakan kain lap dan air sabun hangat, atau beberapa sendok makan soda kue yang dilarutkan dalam satu galon air hangat, untuk mencuci dan menyeka bagian yang terlepas.

Bilas dengan baik dan sisihkan untuk dikeringkan; mereka harus benar-benar kering sebelum dikembalikan ke unit di freezer.

3. Gunakan waslap dan air hangat

Jika ada es yang membeku menempel di freezer, gunakan air hangat di atas waslap untuk melelehkan dan membantu mengeluarkannya

Gati-hati menggunakan pemecah es untuk memecah es, berhati-hatilah agar tidak merusak unit.

Setelah esnya hilang, gunakan kain lap dan air sabun hangat, atau larutan air 50/50 dan cuka putih suling, untuk mengelap bagian luar freezer sebanyak mungkin.

Kemudian beralih ke sikat gigi untuk mengakses bagian mana pun yang tidak dapat Anda jangkau dengan waslap.

Gunakan kain lap kering untuk menyeka sisa kelembapan dari freezer. Itu harus kering sebelum Anda memasang kembali.

4. Periksa filter.

Anda mungkin tidak menyadari jika freezer memiliki filter air. Jika tersumbat oleh benda atau makanan, maka akan membentuk bunga es.

Filter air harus diganti setiap enam bulan, agar meminimalisir munculnya bunga-bunga es baru.

Bersihkan dan buang es batu yang tidak terpakai setiap beberapa bulan mulai sekarang, karena es batu akan menyerap bau apa pun yang ada di freezer.