News - Keramas adalah perawatan rutin yang dilakukan dengan mencuci rambut menggunakan sampo atau produk pembersih lainnya. Tujuannya ialah menghilangkan debu, kotoran bekas keringat, dan ketombe, serta menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh.

Keramas yang baik juga membantu mencegah masalah rambut, seperti kelebihan minyak, ketombe, dan kerontokan. Namun, tidak tidak dilakukan dengan baik, keramas dapat menimbulkan berbagai masalah tersebut.

Beberapa kesalahan yang umum dilakukan adalah menggosok kulit kepala terlalu keras dan keramas terlalu sering. Lalu, berapa kali keramas yang benar?

Untuk memahami tentang keramas yang baik, artikel ini akan menjelaskan cara keramas yang benar beserta urutannya. Selain itu, akan diulas juga tips memilih shampo yang tepat.

Cara Keramas yang Benar dan Urutannya

Simone Marie dalam artikel “How to Wash Your hair, Because It Turns Out There’s (Kinda, Sorta) a Right Way to Do It” (2021) di situs Healthline menjelaskan, cara keramas yang benar dilakukan dengan menerapkan urutan keramas yang benar, mulai dari membasahi rambut hingga mengeringkannya. Hal ini juga harus berkaitan dengan frekuensi pelaksanaannya.

Setiap urutan harus dilakukan dengan cara yang benar agar tidak membuat rambut rusak. Untuk memahami lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai cara keramas yang benar beserta urutannya.

1. Basahi rambut secara menyeluruh

Mulailah dengan memastikan rambut benar-benar basah sebelum menggunakan sampo. Biarkan air mengalir di atas kepala setidaknya selama 1 menit. Kemudian, usapkan jari-jari ke seluruh rambut untuk memastikan semuanya basah hingga ke ujungnya. Ini membantu membuka kutikula rambut dalam penyerapan kondisioner nantinya.

2. Gunakan sampo yang sesuai

Pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Pastikan menggunakan sampo dalam takaran secukupnya sesuai panjang rambut. Campurkan sampo dengan sedikit air di telapak tangan sebelum mengaplikasikannya ke kulit kepala dan bagian mahkota rambut.

3. Hindari menggosok kulit kepala terlalu keras

Ketika membersihkan rambut dengan sampo, hindari menggosok kulit kepala terlalu keras, apalagi menggunakan kuku. Sebaliknya, pijat kulit kepala dengan tekanan lembut selama sekitar 3 menit. Hindari gerakan kasar yang dapat merusak folikel rambut.

4. Bilas rambut hingga bersih

Setelah mengaplikasikan sampo, bilaslah rambut hingga bersih. Pastikan tidak ada sisa sampo tertinggal, yang dapat menyebabkan penumpukan pada kulit kepala. Luangkan waktu 1 hingga 2 menit untuk membilas rambut dengan air hangat.

5. Gunakan kondisioner secara tepat

Setelah membersihkan rambut dengan sampo, gunakan kondisioner dari tengah batang rambut hingga ujungnya. Hindari mengoleskannya pada kulit kepala. Diamkan sesuai petunjuk pada kemasan kondisioner, kemudian bilas hingga bersih.

6. Keringkan rambut dengan lembut

Setelah membilas kondisioner, keringkan rambut dengan handuk dengan cara memeras atau menepuk-nepuknya hingga kering. Hindari menggosok rambut dengan handuk, karena dapat menyebabkan kerusakan. Jika memungkinkan, gunakan handuk microfiber untuk mengurangi kerusakan rambut.

7. Jangan mencuci rambut setiap hari

Jangan mencuci rambut setiap hari juga menjadi cara mencuci rambut yang benar. Mencuci rambut setiap hari dapat menghilangkan minyak alami pada rambut. Lantas, berapa kali keramas yang benar?

Jenis rambut berminyak kemungkinan hanya perlu dicuci setiap 2 hingga 3 hari, tetapi rambut kering mungkin hanya perlu dicuci 1 hingga 2 kali seminggu. Jeda beberapa hari tersebut, akan memberikan waktu bagi minyak alami rambut untuk bekerja dan menjaga rambut tetap sehat.