News - Mobil dapat mogok kapan pun karena masalah kelistrikan. Aki mungkin sudah soal sehingga perlu dilakukan jumper. Bagaimana cara menjumper aki mobil yang mudah dan aman dilakukan?

Jumper aki adalah proses menghubungkan aki mobil mati dengan yang masih hidup. Tujuannya untuk menambahkan daya sehingga dapat menghidupkan kembali mesin mobil. Dalam keadaan darurat, jumper aki menjadi solusi jitu agar kendaraan dapat digunakan kembali.

Prinsip utama dalam menjumper aki yaitu memerlukan kehadiran aki lain yang masih hidup sebagai pendonor daya listrik. Alat jumper aki mobil ini bisa berasal dari mobil lain atau menggunakan komponen aki yang sedang tidak dipakai tapi masih berfungsi. Koneksi antara aki hidup dan aki mati dihubungkan dengan kabel jumper.

Meski demikian, teknik jumper hanya dipakai dalam kondisi darurat. Jika mobil yang akinya mati sudah berada di tempat aman, segera lakukan penggantian aki baru. Dengan begitu, mobil akan kembali mendapatkan kelistrikan yang layak.

Penyebab Aki Soak

Dalam penggunaan normal, aki kendaraan memiliki umur pemakaian tertentu. Seiring dengan pemakaian mobil untuk berkendara, komponen tersebut akan mengalami penurunan fungsi dan hal ini wajar. Pengguna bisa memperpanjang usia pakainya dengan menghindarkannya dari penyebab aki soak.

Ragam penyebab aki soak di antaranya adalah:

  • Penggunaan aki yang berlebihan seperti dipakai dalam waktu lama tanpa dilakukan penyetruman ulang;
  • Sistem pengisian tidak berfungsi seperti akibat tidak berfungsinya alternator atau regulator tegangan;
  • Umur aki yang sudah tua dan melewati jangka waktu pemakaian optimal;
  • Munculnya korosi terminal yang sudah parah sehingga mengganggu aliran arus listrik dan berakibat aki soak;
  • Kebocoran elektrolit yang membuat kinerja aki selalu menurun.
Pada saat melakukan servis rutin, ada baiknya juga melakukan pengecekan terhadap kesehatan aki mobil. Langkah ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya aki soak saat mobil dipakai berkendara.

Cara Jumper Aki Mobil yang Soak

Sebelum melakukan jumper aki, pastikan permasalahan utama mobil mogok karena aki soak. Jika penyebab sudah pasti akibat matinya aki, lakukan persiapan yang memadai sebelum proses jumper dimulai. Berikut persiapan dan cara menjumper aki mobil.

1. Tahap persiapan

Persiapan sebelum melakukan jumper aki mobil sebagai berikut:

  • Jika mobil yang mogok bertransmisi otomatis, posisikan tuas transmisi di posisi “P”. Ada pun mobil bertransmisi manual, tempatkan tuasnya di keadaan netral.
  • Aktifkan rem tangan, atau parkir mobil mogok di lokasi aman.
  • Matikan semua komponen kelistrikan pada mobil mogok, termasuk sebaiknya cabut kunci mobil. Lepaskan pula apa pun yang menempel di socket lighter seperti bluetooth receiver dan aksesori lain.
  • Pastikan diketahui posisi kutub negatif dan posisi kutub positif dari aki .
  • Setelah itu, siapkan alat jumper aki mobil berupa kabel berkualitas tinggi. Kabel jumper terbaik mempunyai diameter minimal 10 mm untuk mencegah resiko terbakar sewaktu jumper dilakukan.
  • Terakhir, siapkan kendaraan atau aki mobil lain yang masih bagus sebagai sumber listrik untuk jumper.

2. Tahap menjumper aki mobil

Setelah semua persiapan dilalui, waktunya menerapkan cara jumper mobil yang mudah dan aman. Berapa lama jumper aki mobil? Durasinya tergantung keadaan aki soak dan bisa berlangsung sekira 5-30 menit.

Panduan cara menjumper aki mobil seperti berikut:

  • Dekatkan mobil atau aki yang dipakai sebagai sumber arus listrik di depan aki mobil mogok dan saling berhadapan agar bisa terjangkau oleh kabel.
  • Sambungkan kutub aki mobil donor dengan mobil mogok memakai kabel jumper dan pastikan capitannya kencang. Kutub positif hubungkan dengan kutub positif. Begitu pula kutub negatif dengan kutub negatif.
  • Mobil donor lalu dinyalakan mesinnya. Tunggu kurang lebih 1-2 menit atau sesuai keadaan aki soak di mobil mogok. Injak pedal gas tipis hingga putaran 2000 RPM sampai stabil
  • Coba hidupkan mobil mogok. Jika sudah berhasil menyala mesinnya, biarkan sekira 5 menit dan injak pedal gas sampai di putaran 2000 RPM. Jika mesin belum berhasil menyala, ulangi lagi pengisian listrik 2-3 menit sebelum mobil mogok dihidupkan kembali.
  • Saat sudah stabil, mobil mogok yang sudah nyala dibiarkan tetap hidup sampai sekitar 10 menit pada posisi idle. Pelepasan kabel jumper dilakukan dengan melepas capit dari kutub negatif terlebih dahulu dan berlanjut ke kutub positif.
  • Mobil yang sebelumnya mogok sebaiknya dibawa segera ke bengkel terdekat untuk penggantian aki baru.