News - Pelaku usaha yang permohonan online NIB (Nomor Induk Berusaha) sudah disetujui akan mendapatkan NIB mereka. NIB diterbitkan melalui OSS dan dapat diunduh langsung oleh pelaku usaha. Bagaimana cara download NIB di OSS?

NIB menjadi identitas pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya. Di dalamnya memuat 13 digit angka yang turut merekam tanda tangan elektronik dan telah diberikan pengaman. NIB memiliki masa berlaku sepanjang usaha tersebut masih berlangsung.

Penerbit NIB adalah lembaga OSS (Online Single Submission). Pengajuannya dilakukan daring di website www.oss.go.id/oss. NIB juga berfungsi sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API) apabila menjalankan aktivitas impor, hingga Akses Kepabeanan jika melakukan kegiatan ekspor impor.

Pelaku usaha yang sudah memiliki NIB, bisa mengajukan perizinan usaha dan izin komersial atau operasional. Kepemilikan NIB menjadi syarat dasar pengurusan izin berusaha selanjutnya.

Perizinan berusaha diurus pula melalui OSS atau Perizinan Berusaha Terintegrasi secara elektronik. Perizinan tersebut diterbitkan lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota kepada pelaku usaha lewat sistem elektronik yang terintegrasi.