News - Salah satu aplikasi smartphone yang penting diinstal saat mudik lebaran idul fitri 2022 adalah Google Maps. Aplikasi ini mampu menghadirkan peta lalu lintas di berbagai area hingga detail. Dengan adanya fitur GPS di smartphone, pengguna dapat dengan mudah melacak lokasi real time.

Fitur lain Google Maps yang tidak kalah penting adalah tampilan rute perjalanan sesuai yang diinginkan, beserta petunjuk arahnya. Sepanjang jalan yang dilewati, juga dihadirkan informasi kondisi lalu lintas melalui simbol warna. Warna merah menandakan lalu lintas macet, sedangkan warna kuning yang berarti jalanan cukup padat.

Mengutip unggahan sosial media Jasa Marga, hari Minggu (8/5/2022) menjadi puncak dari arus balik Lebaran 2022 (H+5). Kendaraan yang kembali menuju Jabodetabek diperkirakan berjumlah 269.444 kendaraan. Kendaraan akan masuk melalui Gerbang Tol (GT) utama yaitu GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Cikupa (arah Merak) dan GT Ciawi (arah Puncak).

Pemudik dengan kendaraan pribadi, terutama mobil, perlu mengetahui kondisi lalu lintas jalan yang hendak dilewatinya. Hal itu bisa dibantu menggunakan aplikasi Google Maps. Sebagai catatan, mengakses peta di aplikasi ini tidak melulu dilakukan secara online, tapi juga bisa diakses offline.