News - Masyarakat sudah bisa menggunakan LRT Jabodebek mulai 28 Agustus 2023. Kereta ini diproyeksikan melayani 434 perjalanan dan beroperasi setiap dari pukul 05.00-23.00 WIB.

Sekali perjalanan menggunakan satu trainset berisi enam kereta, bisa mengangkut sampai 1.308 penumpang.

LRT Jabodebek memberikan tarif promo dalam peluncurannya dengan harga flat Rp5.000 pada semua jenis layanan.

Diskon tiket sebesar 78 persen akan berlangsung sampai 30 September 2023. Setelah itu diberlakukan tarif normal yang besarannya berjenjang.

Mengutip laman KAI, ada 31 trainset atau rangkaian kereta yang khusus diperuntukkan untuk LRT Jabodebek. Sebanyak empat trainset dijadikan cadangan.

LRT Jabodebek melayani dua lin perjalanan, yaitu Line Cibubur dan Line Bekasi. Line Cibubur memiliki rute dari Stasiun Dukuh Atas - Stasiun Cawang -Stasiun Harjamukti (pp).

Selanjutnya, Line Bekas melayani rute Stasiun Dukuh Atas - Stasiun Cawang - Stasiun Halim - Stasiun Jatimulya (PP).

Tarif dan Cara Membeli Tiket LRT Jabodebek

Tiket LRT Jabodebek dari peluncurannya pada 28 Agustus 2023 sampai 30 September 2023 diberlakukan flat Rp5.000 sebagai tarif promo.

Setelah masa promo berakhir, harga tiket kembali normal diatur melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023.

Berdasarkan regulasi tersebut, tarif dasar LRT Jabodebek adalah mulai Rp5.000 pada 1 kilometer pertama, dan ditambah Rp700 per kilometer berikutnya.

Tarif normal antarstasiun yang dilewati LRT Jabodebek selengkapnya dapat diakses ke website resmi di #.

Pembelian tiket dilakukan dengan kartu pembayaran pada stasiun keberangkatan, atau bisa dibeli lewat aplikasi dompet elektronik LinkAja dan Access by KAI.

Khusus pembelian lewat LinkAja dan Access akan diberikan kode QR yang dapat di-scan pada gate masuk stasiun keberangkatan dan gate keluar stasiun tujuan. Khusus pembayaran pada pemesanan di aplikasi Access hanya bisa melalui KAI Pay.

Ada pun kartu pembayaran yang dapat digunakan untuk membeli tiket LRT Jabodebek adalah Single Journey Trip (SJT) dan Kartu Uang Elektronik (KUE) perbankan seperti e-money Bank Mandiri, Flazz Bank BCA, Tap-Cash Bank BNI, Brizzi Bank BRI, Jakcard Bank DKI, dan Jak Lingko Bank DKI/BNI.

Penjualan kartu SJT bisa diperoleh melalui mesin penjualan tiket (Tikcet Vending Machine/TVM) di stasiun, termasuk proses pengisian (top up) saldonya.

Panduan Naik LRT Jabodebek

Naik LRT Jabodebek memerlukan proses tap kartu pembayaran atau scan kode QR dari LinkAja atau aplikasi Access by KAI.

Panduan saat proses naik LRT dari stasiun keberangkatan hingga keluar dari stasiun tujuan sebagai berikut:

1. Datangi stasiun keberangkatan LTR Jabodebek yang diinginkan

2. Lakukan tap-in kartu pembayaran atau kode QR pada gate, lalu berjalan lewat gerbang masuk

3. Cari Line Kereta sesuai arah yang dituju saat di peron

4. Tunggu kereta datang dan pastikan berdiri di belakang batas garis aman

5. Masuk kereta dan nikmati perjalanan hingga stasiun tujuan

6. Ketika sudah sampai di stasiun tujuan, lakukan tap-out kartu pembayaran atau scan kode QR yang sama dengan pada saat tap-in dari stasiun keberangkatan pada gate yang sudah disiapkan.

7. Penumpang lalu berjalan melewati gerbang keluar.