News - Daftar ulang UB bagi calon mahasiswa yang lolos jalur SNBT 2024 dapat dilakukan mulai 14 Juni 2024 pukul 10.00 WIB. Proses tersebut dapat diurus oleh pendaftar dengan batasan waktu hingga 25 Juni 2024 pukul 23.59 WIB.

Hasil seleksi SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) 2024 telah diumumkan pada Kamis, 13 Juni 2024 mulai pukul 15.00 WIB. Pengumuman tersebut dapat diakses melalui laman resmi SNPMB atau link mirror Universitas Brawijaya (UB) di selma.ub.ac.id.

Peserta SNBT yang dinyatakan lolos diwajibkan melakukan daftar ulang di Universitas penerima sesuai ketentuan. Tahap ini bertujuan melengkapi berkas administrasi calon mahasiswa baru sekaligus sebagai acuan penentuan UKT (Uang Kuliah Tunggal).

Peserta yang tidak melaksanakan proses daftar ulang dianggap gugur atau mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa Universitas Brawijaya. Lantas, apa saja syarat dan bagaimana cara melakukan daftar ulang UB SNBT 2024? Artikel ini akan memaparkan tentang proses daftar ulang, mulai dari syarat, tata cara, hingga daftar biaya UKT UB SNBT 2024.

Persyaratan Registrasi Ulang UB bagi yang Lolos SNBT 2024

Berikut adalah persyaratan pemberkasan registrasi ulang di Universitas Brawijaya bagi calon mahasiswa yang lolos lewat jalur SNBT 2024:

  1. Foto diri dengan ketentuan: tampak depan, wajah terlihat jelas, pakaian rapi (bagi yang berhijab wajib menyesuaikan) ukuran 4x6 cm dengan latar belakang polos warna merah. Perubahan foto diri dapat dilakukan melalui aplikasi Admisi.
  2. Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) bagi calon mahasiswa baru yang diterima di program studi selain FK, FKG, FKH dan FIKES dengan ketentuan SKBN minimal 3 parameter yang ditandatangani dokter pemeriksa disertai stempel basah atau Tanda Tangan Elektronik (TTE).
  3. Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna, khusus untuk program studi yang mensyaratkan.
  4. Biaya tes bebas narkoba dan pemeriksaan buta warna ditanggung oleh calon mahasiswa.
  5. Bagi calon mahasiswa yang diterima di program studi pada fakultas non-kesehatan (selain FK, FKG, FKH dan FIKES) dan berdomisili di wilayah Malang Raya (kota Malang, kabupaten Malang, kota Batu) dapat melakukan tes bebas narkoba dan buta warna di Klinik UB dengan mendaftar melalui alamat web berikut: bit.ly/PemkesCamabaUB2024.
  6. Hasil tes kesehatan dan psikologi, khusus bagi calon mahasiswa yang diterima di FK, FKG, FKH, dan FIKES. Mekanisme tes dapat disimak di tautan selma.ub.ac.id/pengumuman-tes-kesehatan-snbt2024.
  7. Mengisi pernyataan kebenaran pengisian data penghasilan penanggung biaya pendidikan yang termuat dalam laman admisi.ub.ac.id.

Tata Cara Daftar Ulang UB SNBT 2024

Langkah dan tata cara daftar ulang Universitas Brawijaya jalur SNBT 2024 dapat disimak sebagai berikut:

  1. Akses laman admisi.ub.ac.id.
  2. Buat akun baru menggunakan alamat surel valid. Disarankan menggunakan Gmail.
  3. Setelah selesai membuat akun, masuk kembali ke laman alamat web tersebut.
  4. Lakukan verifikasi pemberkasan SNBT 2024 dengan memasukkan beberapa informasi ke dalam kolom yang tersedia, meliputi: nama, nomor pendaftaran, dan tanggal lahir.
  5. Isi seluruh isian berkas secara benar, akurat, dan jujur.
  6. Unggah berkas persyaratan.