News - Garansi iPhone memberikan jaminan kepada pemilik untuk mendapatkan layanan purna juga yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi perangkat. Secara umum, Apple memberikan masa garansi selama satu tahun sejak awal pembelian oleh konsumen akhir. Lantas, bagaimana cara cek garansi resmi iPhone dengan mudah?

Apple dalam situsnya menyebutkan, penjaminan produknya termasuk iPhone diberikan terhadap adanya cacat materi atau cacat produksi dalam penggunaan normal sesuai pedoman yang dirilis Apple.

Pedoman tersebut meliputi, tapi tidak terbatas pada, semua informasi yang dicantumkan pada spesifikasi teknis, panduan pengguna, dan komunikasi layanan.

Jika perangkat iPhone mengalami kerusakan bawaan, maka Apple bertanggung jawab atas hal tersebut selama masih dalam masa garansi. Penanganannya dilakukan melalui pusat servis resmi terdekat.

Cara Cek Masa Garansi Resmi iPhone

Pengecekan garansi iPhone perlu dilakukan untuk melihat sampai kapan Apple memberikan perlindungan jaminan pada perangkatnya. Apalagi jika pembelian iPhone dilakukan pada perangkat bekas (seken), adanya masa garansi yang masih berlaku membuatnya memiliki nilai tambah. Pembeli bisa mendapatkan iPhone lebih murah dan masih bergaransi.

Di samping itu, iPhone yang mendapatkan garansi Indonesia memiliki ciri-ciri tertentu. Ciri pertama yaitu ditemukan green peel. Green peel adalah segel berbentuk panah yang melengkapi bungkus dari iPhone resmi. Keberadaannya mulai digunakan rutin sejak iPhone seri 7 ke atas.

Ciri lainnya yaitu memiliki kartu garansi iPhone Indonesia yang resmi dan memiliki kode region Indonesia. Kode region tersebut umumnya ada di tiga kode akhir. Misalnya iPhone dengan kode MNQM2PA/A, tiga karakter "PA/A" menunjukkan kode region untuk Indonesia.

Cara cek garansi iPhone iBox atau inter bisa dilakukan melalui beberapa metode. Berikut cara cek garansi resmi iPhone yang bisa diterapkan:

1. Cara cek garansi iPhone di pengaturan

Cara cek garansi iPhone dari menu pengaturan dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka menu "Pengaturan/Settings" dari iPhone
  • Ketuk opsi "General"
  • Ketuk "About"
  • Gulirkan layar ke bawah sampai menemukan "Limited Warranty". Ketuk opsi tersebut.
  • Informasi mengenai garansi iPhone akan ditampilkan pada layar. Informasi meliputi tanggal pembelian, tanggal kadaluarsa garansi, dan jenis garansi.

2. Cara cek masa garansi iPhone dari website Apple

Pengecekan masa garansi resmi iPhone dapat pula dilakukan dari website Apple. Langkah pengecekannya sebagai berikut:

  • Buka website checkcoverage.apple.com
  • Masukkan nomor seri iPhone yang akan dicari masa garansinya. Nomor seri bisa dilihat pada bagian belakang. Nomor seri bisa pula dilihat dalam menu pengaturan dengan urutan perintah: Settings > General > About.
  • Klik di tombol "Continue".
  • Layar akan menampilkan informasi tanggal pembelian, tanggal kadaluarsa garansi, dan jenis garansi iPhone.

3. Cara cek garansi iPhone dengan aplikasi Apple Support

Aplikasi Apple Support bisa diunduh dari App Store. Setelah dipasang pada iPhone, cara cek garansi resmi iPhone sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Apple Support dan login memakai ID Apple
  • Ketuk "Get Support".
  • Ketuk "iPhone".
  • Ketuk "Hardware Coverage".
  • Tuliskan nomor seri iPhone atau tentukan jenis iPhone yang muncul dalam daftar perangkat.
  • Informasi garansi iPhone akan ditampilkan meliputi tanggal pembelian, tanggal selesai garansi, dan jenis garansi.

Durasi Masa Garansi iPhone

Apple memiliki dua jenis penjaminan sekaligus pada produk iPhone. Jenis garansi tersebut memiliki perbedaan masa kadaluarsanya. Jenisnya sebagai berikut:

1. Garansi pengembalian dan pertukaran (return and exchange)

Garansi ini diberikan selama 14 hari sejak tanggal pembelian. Jika terjadi masalah pada iPhone dalam masa tersebut, pengguna mendapatkan pengembalian dana atau pertukaran dengan mengembalikannya pada Apple Store atau pengecer resmi Apple.

2. Cakupan terbatas (limited warranty)

Garansi ini berlaku selama satu tahun sejak pembelian yang mencakup jaminan atas terjadinya cacat bahan dan pengerjaan pada iPhone. Apple akan memperbaiki atau menggantinya bisa iPhone mengalami kendala cacat fabrikasi.