News - Kendala status kepesertaan BPJS Kesehatan tidak aktif kerap dialami oleh sebagian orang, terutama warga yang bukan Penerima Bantuan Iuran (PBI). Umumnya, kepesertaan tidak aktif karena menunggak iuran BPJS Kesehatan.

Maka itu, penting mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan sebelum berobat. Saat ini, sudah ada beberapa cara cek BPJS aktif atau tidak yang cukup mudah diterapkan. Cek BPJS online pun sudah ada layanannya..

Saat berobat, peserta JKN yang tidak memiliki kartu BPJS Kesehatan fisik juga perlu ingat nomor keanggotaannya. Sayangnya, tak sedikit masyarakat yang lupa dengan nomor itu.

Jika Anda mengalami dua kendala di atas, berikut beberapa cara cek nomor peserta BPJS Kesehatan dan cara melihat BPJS aktif atau tidak yang terbaru.

Cara Nek Nomor BPJS Kesehatan

Ada 3 cara melihat nomor keanggotaan BPJS Kesehatan. Di antaranya termasuk dengan metode cek BPJS online.

Sebelum itu, siapkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) nomor KTP. Lalu, Anda bisa menerapkan 3 cara cek nomor peserta BPJS Kesehatan berikut:

1. Hubungi Call Center BPJS

Untuk cek nomor peserta BPJS Kesehatan, Anda bisa menghubungi call canter BPJS lewat nomor 165. Layanan ini bisa diakses via telephone selama 24 jam.

Caranya, hubungi nomor 165. Setelah terhubung ke operator, sebutkan nomor NIK Anda untuk mengetahui nomor keanggotaan BPJS Kesehatan yang Anda miliki.

2. Akses Mobile JKN

Cara lain yang bisa dilakukan untuk lihat nomor BPJS Kesehatan ialah via aplikasi Mobile JKN. Berikut cara cek nomor keanggotaan BPJS Kesehatan di aplikasi Mobile JKN.

  • Download aplikasi Mobile JKN di ponsel (Playstore atau App Store)
  • Buka aplikasi Mobile JKN.
  • Pilih MASUK, lalu Login dengan NIK dan password serta ketik kode Captcha
  • Jika belum punya password, pilih DAFTAR dan input data yang diminta
  • Jika sudah login, pilih menu KARTU PESERTA (di bagian bawah)
  • Kartu digital peserta BPJS akan muncul
  • Cek nomor peserta BPJS Kesehatan yang ada di atas baris data nama.

3. Datang ke Kantor BPJS Terdekat

Cara terakhir untuk cek nomor peserta BPJS Kesehatan adalah mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Anda hanya perlu datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan di dekat lokasi domisili, ambil nomor antrean, dan tanyakan nomor peserta pada petugas dengan menunjukkan data NIK.