News - Penumpang umum bisa naik LRT Jabodebek mulai hari ini, Senin (28/8/2023), dengan tarif flat, harga tiket Rp5.000. Tiket promo bisa dinikmati sampai berakhirnya bulan September 2023. Penetapan harga promo diskon 78 persen tersebut diberlakukan untuk semua lintas pelayanan.

Adapun tiket normal LRT Jabodebek diatur dengan Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023. Dalam aturan ini, tarif dasar LRT Jabodebek adalah mulai Rp5.000 pada 1 kilometer pertama, dan ditambah Rp700 per kilometer berikutnya.

Total rangkaian kereta (trainset) ada 31 buah. Ada empat rangkaian di antaranya dipakai sebagai cadangan. Setiap trainset memiliki 6 kereta untuk menampung penumpang.

“Kehadiran LRT Jabodebek diharapkan dapat menjadi salah satu solusi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya. Nantinya akan terdapat 434 perjalanan LRT Jabodebek yang siap melayani penumpang setiap hari. Kapasitas satu rangkaian LRT Jabodebek dapat menampung hingga 1.308 penumpang,” kata Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, dalam keterangan resmi dikutip Senin (28/8/2023).

LRT Jabodebek memiliki 18 stasiun yang menghubungkan wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi dengan waktu operasional pukul 05.00 - 23.00 WIB. Stasiun tersebut terdiri dari Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya. Ada pun relasi perjalanannya meliputi Stasiun Dukuh Atas – Cawang – Stasiun Harjamukti/pp (Line Cibubur) dan Stasiun Dukuh Atas – Cawang – Halim - Stasiun Jatimulya/pp (Line Bekasi).

Informasi berbagai hal mengenai LRT Jabodebek dapat dilihat melalui situs web www.lrtjakarta.co.id. Di sana tertera mulai panduan hingga jadwal perjalanan LRT di semua stasiun.