News - Politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Bima Arya, menyambangi kantor DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat, Senin (10/6/2024). Kehadiran Bima Arya dalam rangka upaya menjalin komunikasi jelang Pilkada Jawa Barat 2024.

Ketua Pemenangan Pilkada DPW PKS Jawa Barat, Iwan Suryawan, menuturkan kerja sama ini adalah langkah awal untuk mencapai tujuan yang lebih besar dalam membangun Jawa Barat.

"Kami mencoba untuk membangun kesepahaman bagaimana meningkatkan kesejahteraan dan memberikan yang terbaik untuk pembangunan di Jawa Barat," kata Iwan di Kantor DPW PKS Jawa Barat, Kota Bandung, Senin (10/6/2024).

Iwan mengatakan pertemuan dengan PAN saat ini menjadi tahap awal membentuk koalisi dengan PKS di Pilkada Jawa Barat 2024. Termasuk pula penjajakan yang sedang dilakukan Bima Arya yang berniat maju sebagai cagub Jawa Barat.

"Peluangnya sangat dinamis, tapi insyaallah dengan gen pejuang yang sudah ada, kami akan terus berkoalisi untuk kebaikan Jawa Barat," ujar Iwan.

Lebih lanjut Iwan menyebutkan, pertemuan ini akan dilaporkan pada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing. Oleh karena itu, kata Iwan, belum ada kepastian PKS bakal berkoalisi dengan PAN di Pilgub Jawa Barat karena harus menunggu keputusan DPP PKS.

"Langkah berikutnya adalah memperkuat kolaborasi di tingkat kota dan kabupaten untuk memastikan efektivitas perjuangan di akar rumput," terangnya.

Sementara itu, Bima Arya mengenang ikatan batin yang terjalin antara PAN dengan PKS saat memenangkan Pilgub 2008 yang mengusung Ahmad Heryawan dan Dede Yusuf. Mantan Wali Kota Bogor itu berharap kenangan manis itu bisa terulang di Pilgub 2024.

Bima mengeklaim PKS dan PAN memiliki banyak kesamaan, khususnya di Jawa Barat sehingga bisa menjadi kekuatan memenangkan Pilgub Jawa Barat 2024.

PKS dan PAN, kata Bima Arya akan terus membangun komunikasi hingga masing-masing pengurus pusat memutuskan siapa sosok yang akan diusung pada Pilkada Jabar 2024 nanti.

"PAN dan PKS memiliki gen pejuang dan pemenang. Kami pernah melakukan kerja sama koalisi sebelumnya dan kini kami sedang menjajaki arah yang sama untuk Pilgub mendatang," terang Bima.