News - Berapa negara Asia yang masuk Piala Dunia 2026? Jumlah total wakil AFC di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada bisa mencapai 8 atau 9 tim, tergantung sukses tidaknya negara terakhir dalam playoff interkontinental. Bagaimana peluang Timnas Indonesia?

Timnas Indonesia baru saja menciptakan sejarah lolos ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC. Garuda berstatus runner-up Grup F dengan mengoleksi 10 poin dari 6 laga, unggul 4 poin dari Vietnam yang di laga pemungkas kandas oleh Irak 3-1 pada Rabu (12/6) dini hari.

Menjadi satu-satunya wakil ASEAN di ronde 3 WCQ 2026 zona Asia, Timnas Indonesia dihadapkan dengan tantangan pelik. Saat ini, Garuda ada di peringkat 134 FIFA. Dengan tambahan kemenangan atas Filipina, Garuda akan memiliki total 1108,73 poin.

Jumlah ini hanya akan membuat Timnas Indonesia naik sedikit jadi ranking 133 FIFA. Ujung-ujungnya, kemungkinan besar Merah Putih akan masuk pot 6 ronde 3 WCQ Asia.

Masuk pot berapa dalam drawing ronde 3 WCQ 2026 zona Asia akan krusial bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, ronde 3 akan diisi oleh 18 tim. Nantinya, akan ada 3 grup. Setiap grup terdiri dari 6 tim, dengan komposisi 1 tim dari pot 1, diikuti 1 tim pot 2, dan seterusnya hingga tim dari pot 6.

Dengan posisi Timnas Indonesia yang hampir pasti ada di pot 6 WCQ 2026 zona Asia, Garuda mesti berhadapan dengan tim-tim pot 1 hingga 5 yang secara ranking ada di atas mereka.

Misalnya, tim pot 1 kemungkinan besar diisi Jepang, Iran, dan Korsel. Sementara itu, Pot 2 diperkirakan jadi milik Australia, Qatar, dan Irak. Pot 3 bisa saja dipegang Arab Saudi, Uzbekistan, dan Yordania.

Pot 4 diprediksi jadi tempat UEA, Oman, dan Bahrain. Selanjutnya, Pot 5 bisa diisi China, Palestina, dan Kirgistan. Terakhir, menemani Indonesia di Pot 6, bisa saja ada Korea Utara dan Kuwait.

Mempertimbangkan kekuatan tim pot 1 dan 2, Timnas Indonesia kemungkinan besar tidak akan mampu finis di 2 besar grup ronde 3. Selain itu, perjuangan Garuda untuk menembus peringkat 3 dan 4 juga cukup berat. Apakah dengan demikian kans lolos Timnas ke Piala Dunia 2026 tidak ada sama sekali?