News - Hasil administrasi PPG Prajabatan 2024 gelombang 1 telah diumumkan pada tanggal 27 Mei 2024. Tes substantif seleksi program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 akan berlangsung mulai 3 Juni 2024.

PPG Prajabatan, atau Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, adalah program pendidikan yang dirancang untuk mencetak guru-guru berkualitas. Program ini terbuka bagi para sarjana, sarjana terapan, dan Diploma IV, baik dari jurusan pendidikan maupun non-kependidikan.

Peserta yang lolos seleksi PPG tidak akan dibebankan biaya kuliah karena seluruhnya sudah ditanggung beasiswa dari penyelenggara. Lulusan PPG Prajabatan akan mendapatkan sertifikat pendidik yang menjadi syarat wajib untuk mengajar di sekolah negeri maupun swasta.

Proses seleksi untuk mengikuti PPG Prajabatan terdiri dari dua tahap:

  • Tes Substantif: Dilaksanakan pada tanggal 3-7 Juni 2024, menguji kemampuan dasar literasi, numerasi, dan penguasaan konten bidang studi.
  • Tes Wawancara: Dilaksanakan pada tanggal 1-31 Juli 2024, untuk menilai motivasi, kepribadian, dan kesiapan mengajar para calon guru.
PPG Prajabatan merupakan kesempatan bagi para calon guru untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme mereka dalam mengajar. Dengan mengikuti program ini, mereka akan mendapatkan bekal yang mumpuni untuk menjadi pendidik yang berkualitas dan mampu mencetak generasi penerus bangsa yang berprestasi.